nusabali

Marc Marquez Mulai Nyaman di Atas Ducati

Quartararo Soroti Langkah Yamaha di Ujicoba MotoGP 2024

  • www.nusabali.com-marc-marquez-mulai-nyaman-di-atas-ducati

VALENCIA, NusaBali - Pembalap motor Marc Marquez terlihat nyaman di atas motor Ducati saat melakoni ujicoba MotoGP 2024 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Selasa (28/11). Pada musim depan, Marquez akan menjadi salah satu pembalap tim Gresini Racing, setelah hengkang dari Repsol Honda, akhir musim ini.

Menurut laporan MotoGP pada Rabu (29/11), Marc Marquez sempat jadi yang tercepat dengan catatan 1 menit 29,460 detik, sebelum akhirnya finis di P4 di belakang Maverick Vinales (Aprilia Racing), Brad Binder (Red Bull KTM), dan Marco Bezzecchi (VR46). Dia hanya terpaut 0,171 detik dari Vinales.

“Hasilnya cukup baik, seperti yang sudah kami duga,” kata Marquez, dikutip dari video singkat MotoGP.

Sedangkan sang adik sekaligus rekan satu timnya, Alex Marquez, dirinya berharap ada peningkatan yang baik dari sisi mesin dan tenaga untuk motor Ducati ‘23.

Sedangkan dalam tim pabrikan, Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini dilaporkan menguji coba sasis dan mesin baru untuk motor yang akan mereka kendarai musim depan. Juga Jorge Martin (Prima Pramac) dilaporkan menguji hal yang sama, namun dia mengalami dua kecelakaan tak terduga.

Peraih urutan ketiga MotoGP 2023 Bezzecchi bersama rekan setim barunya Fabio Di Giannantonio di VR46 juga menguji coba mesin Ducati ‘23 terbaru di Valencia. Kedua pembalap muda itu dinilai menunjukkan hasil yang positif.

Marc Marquez sendiri bukan satu-satunya pembalap yang beradaptasi dengan Ducati untuk pertama kalinya. Franco Morbidelli (Prima Pramac) memulai babak barunya di MotoGP dengan mewarisi motor Johann Zarco yang kini ditambah unit ekor dan aero yang diperbarui.

Beralih ke tim pabrikan otomotif Jepang, Luca Marini yang kini bersama Repsol Honda bersama Joan Mir dilaporkan sudah pulih dari cedera. Keduanya langsung menjajal RC213V 2024 dengan tampilan baru.

Motor Honda disebut diperbarui sepenuhnya, mulai dari sasis, hingga sistem aerodinamis baru. Manajer Tim Repsol Honda Alberto Puig mengatakan Mir cukup senang dengan kemajuan yang dicapai dengan motor barunya, dan perasaannya cukup berbeda jika dibandingkan dengan motor 2023.

Selain itu, Mir juga bekerja dengan mantan Crew Chief Marc Marquez, Santi Hernandez, untuk pertama kalinya sebelum keduanya menjalani tahun 2024 bersama-sama.

Di sisi lain, Alex Rins bersama Fabio Quartararo di tim Monster Energy Yamaha untuk pertama kalinya. Kedua pembalap pabrikan tersebut menjajal motor baru Yamaha yang kini dilaporkan memiliki knalpot duel yang lebih panjang.

Quartararo dan Rins pun menyoroti langkah tim pabrikan yang cukup baik dalam memperbarui sisi aerodinamika motor untuk MotoGP 2024. Quartararo merasakan mendapatkan beberapa hal positif, namun masih harus mengubah banyak hal. 

“Ada beberapa perubahan besar terutama di sisi aero. Namun, menurut saya, arah yang kami ambil sudah tepat,” kata Quartararo.

Pembalap Prancis itu berharap tim dan dirinya dapat mempersiapkan diri dengan baik di sesi uji coba selanjutnya di Sirkuit Sepang, Malaysia. Quartararo juga ingin dalam kondisi fisik yang prima untuk menghadapi MotoGP tahun depan.

Sedangkan Alex Rins mengaku senang dapat memulai perjalanannya bersama tim Yamaha. Dia mengatakan sudah mampu beradaptasi cepat saat di motor.

Di sisi lain, Direktur Tim Monster Energy Yamaha Massimo Meregalli mengatakan uji coba pertama di Valencia merupakan salah satu hari yang penting bagi tim. Prioritas mereka pada tes ini adalah pembaruan dari sisi aerodinamika, mesin, dan sasis. ant

Komentar