nusabali

Jabatan Asisten I dan Kalaksa BPBD Jembrana Dilelang

Kepala Brida dan Kadis Nakerperin Menyusul di 2024

  • www.nusabali.com-jabatan-asisten-i-dan-kalaksa-bpbd-jembrana-dilelang

NEGARA, NusaBali - Dua dari 4 Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang lowong di Pemkab Jembrana, dipastikan akan segera terisi. Pengisian dilakukan melalui seleksi terbuka (selter) atau lelang. Kedua kursi JPT Pratama yang dilelang itu adalah Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten I) Setda dan Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Lelang 2 JPT Pratama berdasar Surat Pengumuman Nomor 01/PANSEL JPT/2023 yang ditandatangani oleh Ketua Panitia Seleksi (Pansel) sekaligus Sekda Jembrana I Made Budiasa, itu dibuka mulai Selasa (21/11). Masa pendaftaran atau penerimaan lamaran akan dibuka selama 15 hari hingga Selasa (5/12) mendatang. 

Sekda Jembrana I Made Budiasa, Rabu (22/11), mengatakan, lelang kedua JPT itu dibuka bersamaan. 

Selain jabatan Asisten I dan Kalaksa BPBD, sebenarnya ada 2 kursi JPT yang juga belum terisi pejabat definitif. Kedua jabatan yang juga masih lowong itu adalah Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Nakerperin).

Namun, Sekda Budasa mengaku, tidak dapat langsung menyeratakan lelang untuk posisi pimpinan di 2 OPD baru, itu karena pertimbangan anggaran. "Di sana (Brida dan Dinas Nakerperin) belum ada anggaran untuk pimpinannya. Jadi dua dulu (Asisten I dan Kalaksa BPBD), yang memang sudah ada anggarannya," ujar Sekda Budiasa.

Sekda Budiasa berharap proses lelang Asisten I dan Kalaksa BPBD yang juga baru dibuka itu berjalan lancar. Sementara untuk lelang jabatan Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Nakerperin), rencananya diadakan di tahun 2024 mendatang. "Kita upayakan di Induk 2024. Nanti juga rencananya dilelang," ucapnya. 

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya (BKPSDM) Jembrana Siluh Ktut Natalis Semaradani saat dikonfirmasi terpisah Rabu kemarin, mengatakan belum ada pejabat yang mendaftarkan untuk mengikuti lelang jabatan Asisten I dan Kalaksa BPBD tersebut. Dirinya pun memperkirakan para calon pelamar belum mendaftar karena masih menyiapkan berkas. "Sementara belum. Pendaftaran juga baru dibuka kemarin. Masih ada waktu sampai tanggal 5 Desember," ujarnya. 

Seperti diketahui, jabatan Asisten I Setda Jembrana kosong sejak Mei 2023 karena pejabat sebelumnya I Dewa Gde Kusuma Antara yang meninggal dunia. Sementara 3 jabatan lainya, yakni Kalaksa BPBD, Kepala Brida dan Kadis Nakerperin kosong menyusul pembaruan Struktural Organisasi dan Tata Struktural Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang diberlakukan pada Agustus 2023 lalu. 

Khusus Brida dan Dinas Nakerperin Jembrana merupakan OPD anyar. Sementara jabatan Kalaska BPBD Jembrana kosong karena adanya kenaikan tipe BPBD dari tipe B menjadi tipe A. Hal itu pun mengharuskan jabatan Kalaksa BPBD Jembrana yang sebelumnya diisi pejabat Eselon IIIA harus diisi pejabat Eselon IIB (sekelas Kadis dan Kaban). 

Buat sementara, 4 jabatan yang kosong itu masih diisi Pelaksana Tugas (Plt). Untuk Plt Asisten I, ialah I Made Tarma yang menjabat Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada Setda Jembrana. Kemudian Plt Kalaksa BPBD Jembrana dipercayakan kepada I Putu Agus Artana yang saat ini menjabat Sekretaris BPBD Jembrana. 

Sedangkan Plt Brida Jembrana, ialah I Made Sudantra yang merupakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jembrana. Sedangkan untuk Plt Kadis Nakerperin Jembrana dipercayakan kepada I Ketut Antara yang merupakan Sektaris Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Jembrana. 7ode

Komentar