nusabali

Messi Dkk Dipermalukan Uruguay

  • www.nusabali.com-messi-dkk-dipermalukan-uruguay

BUENOS AIRES, NusaBali - Dua tim terkuat di Amerika Latin, Argentina dan Brasil kompak sama-sama menelan kekalahan menyakitkan dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol, Jumat (17/11) pagi WITA.

Argentina yang diperkuat Lionel Messi kalah 0-2 saat menjamu Uruguay di La Bombonera, Buenos Aires. Argentina takluk oleh gol bek Barcelona Ronald Araujo pada menit ke-41 dan penyerang Liverpool Darwin Nunez menit ke-87. Kekalahan itu menjadi yang pertama bagi Lionel Messi dkk dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol.

Pada lainnya, Brasil kandas di tangan tuan rumah, Kolombia 1-2, saat berlaga tanpa diperkuat Neymar akibat cedera. Brasil sempat unggul lebih dulu menit ke-4 melalui gol pemain Arsenal, Gabriel Martinelli.

Namun usai gol Martinelli itu, Kolombia bangkit.  Pada babak kedua, Kolombia bahkan mencetak dua gol sekaligus dalam periode singkat yaitu sekitar lima menit. Adalah brace pemain Liverpool, Luis Diaz menit ke-75 dan ke-79.

Usai kekalahan tim Tango, pelatih Argentina Lionel Scaloni, tidak mencari-cari kambing hitam. Apalagi sejatinya Argentina mendominasi penguasaan bola (64%). Mereka juga mengelola lebih banyak tembakan dibandingkan lawannya (12 dan enam). Sayang Argentina gagal mencetak gol.

"Menjadi juara funia tidak membuat kami tak terkalahkan. Hari ini Uruguay lebih baik daripada kami. Makanya, kami harus mengucapkan selamat kepada mereka," ujar Scaloni kepada AlbicelesteTalk, dikutip Sportkeeda dan Bola.com. 

"Tak satu pun dari kami yang suka kalah. Namun, kami harus membalik halaman, memikirkan apa yang akan terjadi dan memperbaikinya," kata Scaloni. 

Meski kalah, Argentina tetap berada di puncak klasemen kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol, unggul dua poin atas peringkat kedua Uruguay. Selanjutnya Argentina akan menghadapi Brasil pada Selasa, 21 November 2023.  Sedangkan Brasil di urutan kelima dalam klasemen dengan tujuh poin dari lima laga. Mereka tidak akan diperkuat Neymar untuk pertandingan mendatang.

Data statistik menunjukkan kekalahan itu yang pertama bagi Argentina sejak dikalahkan Arab Saudi pada laga pembuka Piala Dunia 2022 Qatar. Artinya tren tanpa kalah Argentina harus berakhir pada 14 laga semua kompetisi termasuk uji coba dan mengalahkan Indonesia 2-0 di Jakarta. *

Komentar