nusabali

Ujian Jorginho Usai Menghilang

Italia vs Makedonia Utara, Sabtu Dinihari

  • www.nusabali.com-ujian-jorginho-usai-menghilang

Spalletti bertanya kepada dirinya tentang hal-hal di lapangan, apa yang diharapkan dari dirinya dan yang harus dilakukan demi kebaikan tim. Tapi, Spalletti juga harus mengendalikan tim, memberikan arahan, dan memainkan permainan proaktif.

ROMA, NusaBali
Italia akan menjamu Makedonia Utara dalam laga ke-7 Kualifikasi Euro 2024 Grup C, di Olimpico Stadium, Roma, Sabtu (18/11) dinihari, pukul 03:45 WITA. Laga itu jadi ujian penting bagi pahlawan Italia di Euro 2020, Jorginho. Selain itu, Gli Azzurri juga wajib menang kontra Makedonia.

Hal itu karena pada laga terakhirnya, Oktober 2023, Italia kalah 1-3 dari Inggris di Wembley, London. Makedonia juga kalah 0-2 dari Ukraina. Hasil di Wembley memastikan Inggris lolos ke Euro 2024 dengan dua laga tersisa. 

Sebaliknya, Italia merosot ke peringkat tiga, terpaut tiga poin di belakang Ukraina. Italia punya dua laga tersisa, yakni lawan Makedonia dan Ukraina. Mereka wajib menang di kedua laga tersebut.

Ketika tandang kontra Makedonia pada September lalu, satu gol Ciro Immobile hanya memberi Italia hasil imbang 1-1. Di Olimpico nanti, itu tidak boleh terulang. Kemenangan melicinkan jalan Italia ke putaran final Euro 2024 di Jerman, menemani Inggris sebagai wakil dari Grup C. 

Ada hal menarik menjelang laga Italia versus Makedonia Utara. Yaitu kembalinya Jorginho ke skuad Azzurri setelah absen empat bulan. Pelatih Luciano Spalletti memanggil gelandang Arsenal itu ke skuadnya. Jorginho absen sejak Juni lalu, atau setelah bermain 61 menit dalam kekalahan Italia dari Spanyol di semifinal UEFA Nations League.

Jorginho disiapkan Spalletti untuk dua laga Italia pada jeda Internasional bulan November 2023. Sosoknya sempat tak diskuai para penggemar Azzurri meski Jorginho menjadi pahlawan Italia menjuarai Euro 2020.

Menariknya Jorginho pernah gagal mengeksekusi dua penalti penting di kualifikasi Piala Dunia 2022. Akibat kegagalannya, Italia terpaksa harus melalui babak play-off, yang kemudia mereka kalah dari Makedonia Utara.

“Saya senang Spalletti menelepon saya kembali. Kami sangat termotivasi untuk pertandingan ini, untuk mencapai tujuan yang kami inginkan,” kata Jorginho.

Menurut Jorginho, Spalletti bertanya kepada dirinya tentang hal-hal di lapangan, apa yang diharapkan dari dirinya dan yang harus dilakukan demi kebaikan tim. Menurut pemain kelahiran Brasil itu, Spalletti harus mengendalikannya, memberikan arahan, dan memainkan permainan proaktif.

“Saya merasa masih banyak yang harus dilakukan di timnas, saya akan selalu berusaha melakukan segalanya untuk membantu timnas dan pelatih. Saya ingin merasakan apa yang saya rasakan selama Kejuaraan Eropa, bagi saya penting untuk memberikan kegembiraan kepada masyarakan,”kata Jorginho.

Kini Italia untuk di urutan ketiga Grup C dengan nilai 10 dari enam laga. Jika berhasil menggasak Makedonia Utara, Italia akan menggeser Ukraina meski akan punya nilai yang sama. Dia mengaku tidak trauma menendang penalti kembali jika diberikan mandat. *

Prediksi Susunan Pemain 
Italia (4-3-3): Donnarumma; Darmian, Acerbi, Bastoni, Dimarco; Barella, Jorginho, Frattesi; Berardi, Scamacca, Chiesa. Pelatih: Luciano Spalletti.
Makedonia Utara (3-4-2-1): Dimitrievski; Manev, Musliu, Serafimov; Ashkovski, Ademi, Atanasov, Alioski; Bardhi, Elmas; Trajkovski. Pelatih: Blagoja Milevski.

Empat Laga Terakhir
10-09-2023 Makedonia Utara 1-1 Italia (Kualifikasi Euro)
25-03-2022 Italia 0-1 Makedonia Utara (Kualifikasi Piala Dunia)
07-10-2017 Italia 1-1 Makedonia Utara (Kualifikasi Piala Dunia)
10-10-2016 Makedonia Utara 2-3 Italia (Kualifikasi Piala Dunia). 

Komentar