nusabali

Di Grup Maut, Italia Ditarget Pertahankan Gelar Juara

  • www.nusabali.com-di-grup-maut-italia-ditarget-pertahankan-gelar-juara

HAMBURG, NusaBali - Masuk grup neraka dalam Euro 2024 di Jerman, Italia tetap ditarget mempertahankan gelar juara. Sedangkan Inggris percaya diri mampu meraih gelar juara, usai kepastian undian babak grup Euro 2024, di Hamburg, Jerman, Minggu (3/12) dini hari WITA.

Drawing tersebut Italia berada di Grup B dan akan bersaing dengan Spanyol, Albania, dan Kroasia. Presiden FIGC Gabriele Gravina cukup puas hasil undian, meski Italia tergabung di grup berat. Gravina tetap menargetkan juara kepada Federico Chiesa dkk.

Italia menjadi juara Euro 2020 usai mengalahkan Inggris di final. Italia akan mencoba mempertahankan gelar di Euro 2024 bersama Luciano Spalletti, yang menggantikan Roberto Mancini.

Spalletti menyebutkan grup neraka adalah imbas karena di Pot 4.  Namun Spal;etti mengingatkan bahwa Italia adalah tim dengan rekam jejak bagus di ajang Euro. Italia akan menghadapi Albania pada 15 Juni di Dortmund. Lalu pada 20 Juni di Gelsenkirchen, dan Kroasia pada 24 Juni di Leipzig.

Disuruh memprediksi jalannya persaingan Grup B, Luciano Spalletti belum bisa memberikan jawaban. Namun, kata Spalletti, lawan terberat di atas kertas adalah Spanyol, yang mengalahkan Italia dua kali di semifinal UEFA Nations League, meski dikalahkan di semifinal Euro 2020.

Italia lolos ke Euro 2024 sebagai runner-up grup usai kalah bersaing dengan Inggris yang memuncaki grup.  Sedangkan Inggris sendiri dinilai memiliki jalan relatif mudah menuju fase gugur Euro 2024. 

Manajer Timnas Italia, Gianluigi Buffon juga mengapungkan keyakinan besar timnya akan tampil gemilang pada Euro 2024. Hal itu karena diperkuat status Italia sebagai tim juara bertahan.

“Sungguh luar biasa mengembalikan trofi itu ke dalam lingkaran, karena kami merasa bangga dan bertanggung jawab memasuki kompetisi ini sebagai juara bertahan,” kata Buffon.

Sedangkan media Inggris The Independent meramal Inggris akan jadi juara Euro 2024. Di final The Three Lions diprediksi berjumpa Spanyol. Inggris bertekad meraih gelar juara setelah pada Euro 2020 dipermalukan Italia.  Inggris di Grup C bersama Slovenia, Denmark, dan Serbia.

Sedangkan di Grup D, tiga kekuatan Eropa juga bersaing ke 16 besar. Yakni, Belanda, Austria, dan Prancis, serta satu tim lainnya masih ditentukan via play-off UEFA Nations League. Sedangkan tuan rumah Jerman di Grup A bersama Skotlandia, Hungaria dan Swiss

Saat ini masih terdapat slot tiga negara yang diperebutkan di play-off. Semifinal play-off berlangsung pada 21 Maret 2024 dan final play-off pada 26 Maret 2024. Piala Eropa 2024 di Jerman pada 14 Juni hingga Juli 2024. ant

Hasil Drawing Piala Eropa 2024
Grup A: Jerman, Skotlandia, Hungaria, Swiss
Grup B: Spanyol, Kroasia, Italia, Albania
Grup C: Slovenia, Denmark, Serbia, Inggris
Grup D: Juara play-off A, Belanda, Austria, Prancis
Grup E: Belgia, Slovakia, Rumania, Juara Play-off B
Grup F: Turki, Juara Play-off C, Portugal, Rep. Ceko

Tim Play-off A: Polandia, Estonia, Wales, Finlandia, Estonia
Tim Play-off B: Israel, Bosnia-Herzegovina, Ukraina, Islandia
Tim Play-off C: Georgia, Yunani, Kazakhstan, Luksemburg

Komentar