nusabali

Raffles Grand Hotel d’Angkor, Saksi Bisu Kejayaan Angkor Wat

  • www.nusabali.com-raffles-grand-hotel-dangkor-saksi-bisu-kejayaan-angkor-wat

SIEM REAP, NusaBali.com - Berada di jantung kota Siem Reap, Kamboja, Raffles Grand Hotel d’Angkor merupakan salah satu hotel bersejarah dan ikonik di Asia Tenggara. Hotel ini telah berdiri sejak tahun 1932 dan telah menjadi saksi bisu kejayaan Angkor Wat, salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Raffles Grand Hotel d’Angkor dibangun dengan gaya Art Deco yang khas dan memancarkan kemewahan zaman dulu. Hotel ini memiliki 173 kamar dan suite yang didesain dengan elegan dan nyaman. 

Setiap kamar dilengkapi dengan mesin kopi Segafredo, kasur bantalan empuk Simmons, dan jendela bergaya Prancis yang menghadap ke jalan atau ke halaman kebun hotel.

Hotel ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, termasuk kolam renang, spa, dan restoran yang menyajikan hidangan khas Kamboja dan internasional. 

 “Raffles Grand Hotel d’Angkor adalah salah satu hotel terbaik yang pernah saya kunjungi,” kata Ken Sugijanto, seorang travel content creator. 

Hotel ini telah menyambut wisatawan dan wajah-wajah terkenal seperti Charlie Chaplin, Jackie Kennedy, hingga Michelle Obama ke jantung Kamboja selama hampir sembilan puluh tahun.

Memancarkan sejarah, mulai dari lift kayu asli di lobi hingga galeri foto-foto ikonik Kuil Angkor Wat karya John McDermott terpajang di dinding-dinding hotel. 

Jendela bergaya Prancis terbuka untuk melihat pemandangan jalanan atau ke halaman kebun hotel. Kamar mandi juga terlihat mewah dengan ubin dari Italia. 

Tetap berpegang pada elemen bersejarah, kipas di langit kamar masih sangat tradisional dan telepon putar kuno masih menghiasi kamar Raffles.

“Saya juga dibuat terkesima dengan para staf yang ada. Saya berada di dalam gedung selama lima menit tapi sepertinya semua orang dari manajer hingga petugas di restoran mengenal nama saya,” ujar Ken Sugijanto. 

Travel influencer asal Indonesia ini pun mengungkapkan pengalaman mengesankannya selama di Kamboja. “Hotel ini sangat mewah dan elegan, dengan staf yang sangat ramah dan profesional. Saya sangat terkesan dengan fasilitas dan layanan yang ditawarkan oleh hotel ini.”

Hotel ini menawarkan perpaduan sempurna antara sejarah, kemewahan, dan keramahan. “Tidak hanya itu tapi mereka seperti sangat siap untuk memenuhi semua keinginan saya. Sungguh hospitality yang luar biasa,” pujinya.


Hotel berjarak hanya 20 menit dari pintu masuk kuil Angkor Wat  ini juga menawarkan Raffles Curated Journeys dan Resort Programs yang menarik yang dirancang agar tamu dapat merasakan pengalaman seperti layaknya penduduk lokal. 

Para tamu juga bisa menjelajahi Taman Arkeologi Angkor kuno dengan Vespa yang ikonik. Tur tuk-tuk juga tersedia, dimana tamu dapat berjalan melalui Silk Road of Angkor, mengunjungi Kuil Banteay Srei yang indah dan Golden Silk Farm. 

Bagi pecinta kuliner, dapat mencoba Culinary Hidden Gems dan Night Market di kota Siem Reap. 

Sementara untuk pecinta belanja, dapat berjalan-jalan di sekitar lingkungan Desa Kandal Siem Reap dengan bantuan dari Raffles Butler. Bagi yang ingin mengenal budaya Siem Reap lebih dalam, para tamu dapat menikmati pertunjukan tarian Kamboja di Apsara Terrace.

Apabila tamu ingin berada di dalam kawasan hotel, terdapat aktivitas hotel seperti Monk Blessings, Angkor Sling Masterclass, Botanical and Culinary Garden Tour, serta tur hotel bersama sejarawan yang tinggal di hotel. 

Raffles Grand Hotel d’Angkor adalah harta negara dan sejarahnya merupakan bukti masa lalu Kamboja yang penuh warna. 

Awalnya dibangun sebagai tempat peristirahatan bagi para arkeolog dan petualang yang ingin menjelajahi kerajaan Angkor kuno, sekarang menjadi tempat istirahat yang masuk dalam ‘One of the World’s Best 500 Hotels’ by Travel + Leisure.

Komentar