nusabali

PSSI Akui Belajar Banyak Manajemen Pertandingan

  • www.nusabali.com-pssi-akui-belajar-banyak-manajemen-pertandingan

JAKARTA, NusaBali - PSSI mengakui belajar banyak dari manajemen pertandingan dalam gelaran Piala Dunia U-17 2023. Bahkan dampak itu sangat positif bagi dunia sepakbola Indonesia, dalam dalam hal ini PSSI dalam semua tingkatan, untuk menjalankan kompetisi yang baik.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria. Dia berharap penyelenggaraan kompetisi domestik bisa menyerap standar tinggi yang diterapkan dalam hajatan ini.

Pernyatan itu disampaikan Tisha saat konferensi pers di Information Center Piala Dunia U-17 2023 di Hotel Solia Zigna, Solo, Selasa (14/11) siang.

"Yang pertama pastinya untuk sepakbola. Karena, turnamen ini, seusai tema yang ditetapkan FIFA, yakni ‘Inspiring Stars’, harus menjadi satu hal yang menginspirasi orang-orang yang nantinya akan menjadi talenta yang terlibat di bidang sepak bola,” kata Ratu Tisha.

Menurut perempuan kelahiran Jakarta itu, salah satu tujuan FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023 adalah untuk mengembangkan standar tata kelola sepak bola.

"Ini bisa merefleksikan kembali knowledge yang telah diterima kepada liga kita sendiri. Karena, pada akhirnya, kepercayaan yang diberikan FIFA menggelar Piala Dunia U-17 2023 ini alasan utamanya yakni untuk football development," kata Ratu Tisha.

Pelajaran terpenting dari Piala Dunia U-17 2023 ini, kata jebolan terbaik program FIFA Masters, adalah Manajemen Pertandingan. Karena itu, upaya transfer pengetahuan ini dilakukan dengan menempatkan sosok-sosok krusial di posisi yang penting.

Tisha juga menyebut, Indonesia dapat menyerap detail-detail regulasi Match Management hingga tata cara penyelenggaraannya yang diterapkan FIFA selama Piala Dunia U-17 2023 ini.

"Area utama yang penting dipelajari ialah Match Management. Makanya, Head of Competition di area LOC itu diisi oleh Direktur Kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB). Itu kita lakukan agar knowledge transfer-nya bisa langsung kita implementasikan untuk perbaikan-perbaikan di Liga Indonesia," kata Tisha.

Selain perkembangan sepak bola, PSSI juga berharap Piala Dunia U-17 2023 ini ikut menghadirkan efek positif terhadap sektor ekonomi, khususnya mendorong perkembangan industri olahraga di Indonesia. *

Komentar