nusabali

Puluhan Orang Belum Miliki SKPNP

  • www.nusabali.com-puluhan-orang-belum-miliki-skpnp

MANGUPURA, NusaBali - Petugas gabungan menggelar inspeksi mendadak (sidak) secara serentak di tiga kelurahan di Kecamatan Kuta Selatan, yaitu Kelurahan Jimbaran, Tanjung Benoa, dan Benoa, Selasa (14/11). Hasilnya, puluhan orang diketahui belum memiliki Surat Keterangan Penduduk Non Permanen (SKPNP).

“Kami melakukan sidak ini untuk memastikan bahwa setiap penduduk nonpermanen memiliki SKPNP sesuai dengan aturan yang berlaku. Ini adalah langkah penting untuk menjaga ketertiban administrasi kependudukan di wilayah ini,” kata Camat Kuta Selatan I Ketut Gede Arta.

Gede Arta merinci, 50 orang yang belum memiliki SKPNP ditemukan di Taman Griya Kelurahan Jimbaran dan lebih dari 25 orang di Kelurahan Benoa. Puluhan orang itu berasal dari berbagai latar belakang, termasuk warga lokal Bali dan dari luar Bali. “Mereka pada prinsipnya sudah mempunyai KTP tetapi belum melakukan pendataan. Kemungkinan mereka belum tahu soal ini atau sibuk bekerja, sehingga kami lakukan pembinaan agar mereka segera melapor karena mereka tidak menetap di sini,” katanya.

Masih menurut Gede Arta, kegiatan sidak seperti ini tidak hanya dilakukan sekali, namun dirancang secara berkala untuk memastikan kepatuhan penduduk terhadap aturan administrasi kependudukan. Dalam upaya peningkatan kesadaran masyarakat, dia berharap agar warga dapat lebih memahami pentingnya pendataan ini. Sebab, dari kegiatan tidak hanya bertujuan untuk kepentingan administratif semata, tetapi juga untuk mengendalikan lingkungan dari berbagai aspek, termasuk aspek sosial, keamanan, dan lainnya.

“Saya berharap masyarakat bisa sadar, jadi dibutuhkan sinergritas, kolaborasi, serta kesadaran kolektif yakni sadar bersama-sama pentingnya melakukan pendataan karena data menunjukkan identitas sebuah wilayah. Dengan demikian, kami bisa mengendalikan lingkungan kami dari segala aspek sosial, keamanan, dan lainnya,” tegas Gede Arta. 7 ol3

Komentar