nusabali

Uji Coba e-Retribusi di Pasar Kediri

  • www.nusabali.com-uji-coba-e-retribusi-di-pasar-kediri

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda tabanan Wayan Muarsana membuka uji coba e-Retribusi Pasar di di Pasar Kediri, Desa/Kecamatan Kediri, Tabanan, Rabu (12/7). 

TABANAN, NusaBali
Program ini merupakan kerjasama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabanan bersama Bank BPD Bali Cabang Tabanan dan Aino Indonesia. e-Retribusi bertujuan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan mencegah kebocoran pungutan. 

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdaganagn Kabupaten Tabanan I Gusti Putu Bagus Sudika mengatakan akan menyasar 13 pasar untuk e-Retribusi Pasar. Sementara Asisten Perekonomian dan Pembangunan Wayan Miarsana menambahkan, selama ini pungutan dan penyetoran retribusi masih manual sehingga kurang efesien dan efektif. 

Selain itu kontrol terhadap target pendapatan tidak dapat dimonitor secara langsung, bahkan berpotensi terjadi kebocoran. “Retribusi pasar merupakan salah satu penyumbang PAD yang cukup potensial,” tegas Miarsana. Pada kesempatan itu, para pedagang di Pasar Kediri diberi kesempatan melakukan uji coba kartu e-retribusinya. Uji coba e-Retribusi Pasar dihadiri Direktur BPD Bali Cabang Tabanan Ida Bagus Gede Ary Wijaya Guntur, Widyaiswara Provinsi Bali, Aino Indonesia, dan perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Tabanan. *k21

Komentar