nusabali

Bupati Sanjaya Minta Masyarakat Gotong Royong Bangun Tabanan

Ribuan Masyarakat Sambut Suka Cita Pembukaan HUT Ke–530 Kota Singasana

  • www.nusabali.com-bupati-sanjaya-minta-masyarakat-gotong-royong-bangun-tabanan
  • www.nusabali.com-bupati-sanjaya-minta-masyarakat-gotong-royong-bangun-tabanan

Tema ‘paduraksa jayaning singasana’ diartikan secara harfiah yaitu pemerintah dan masyarakatnya bisa bersatu padu dengan tiga konsep dasar, yakni pada eling, pada liang, pada gelahan dalam rangka mencapai kejayaan bersama.

TABANAN, NusaBali
Bupati I Komang Gede Sanjaya di depan ribuan warga yang memadati area Taman Bung Karno, meminta masyarakat untuk bergotong royong membangun Tabanan. Hal itu dikemukakannya saat membuka secara resmi perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke–530 Kota Singasana, Sabtu (4/11) pagi. Pembukaan secara resmi yang dilakukan oleh Bupati Sanjaya didampingi Ny Rai Wahyuni Sanjaya serta jajaran, ditandai dengan pelepasan 530 balon dan melepas burung merpati sebagai lambang keselarasan dan keharmonisan Tabanan.

“Peringatan HUT ke–530 Kota Tabanan ini merupakan tonggak bagi kita semua untuk membangkitkan semangat gotong-royong dalam melaksanakan tugas dan kewajiban kita membangun Tabanan yang kita cintai. Tema yang diusung tahun ini, yakni ‘paduraksa jayaning singasana’, semakin membuat kita yakin, bahwa kita sebagai pemilik rumah kita sendiri,” ujar Bupati Sanjaya.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 06.00 pagi dirangkaikan dengan berbagai hiburan menarik dengan konsep kebersamaan. Mengusung tema ‘paduraksa jayaning singasana’ yang berarti bersatu padu mewujudkan kemakmuran Tabanan menuju Kota Singasana yang aman, unggul, madani (AUM), diharapkan HUT yang jatuh pada 29 November 2023 berjalan sukses.

Secara rinci Bupati Sanjaya menegaskan ‘paduraksa jayaning singasana’ secara harafiah diartikan bagaimana pemerintah dan masyarakatnya bisa bersatu padu dengan tiga konsep dasar, yaitu pada eling (rasa peduli), pada liang (rasa gembira), pada gelahan (rasa memiliki) dalam rangka mencapai kejayaan bersama. Sehingga dalam pembukaan HUT kali ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, berbagai hiburan hingga melibatkan puluhan pelaku UMKM di bidang kuliner.

“Tiga pilar inilah yang dibangun dalam kehidupan masyarakat di Kabupaten Tabanan, di mana pada akhirnya juga sebagai upaya mencapai Tabanan Era Baru yang aman, unggul, dan madani,” tandas Bupati Sanjaya di acara yang dihadiri Raja Tabanan Tjokorda Anglurah Tabanan, Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan beserta istri, Ketua DPRD Tabanan diwakili salah satu anggota DPRD, Sekda Tabanan Gede Susila, jajaran Forkopimda Tabanan para asisten dan seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

Di kesempatan tersebut Bupati Sanjaya meminta kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tabanan, bersama-sama bergembira menyambut perayaan HUT kota. Jadikan perayaan ini adalah perayaan masyarakat, bukan untuk kelompok semata dan dengan harapan, perayaan ini juga bisa digunakan untuk mempererat rasa untuk menciptakan kehidupan yang harmoni dalam bermasyarakat.

“Saat pembukaan ini kita meluapkan hati masyarakat Tabanan, dari anak sampai orang tua, semua riang gembira. Inilah tema kita, paduraksa, artinya pemerintah mengayomi masyarakat, masyarakat ngewangiang pemerintahnya. Ini antara di atas dan di bawah sudah harmonis,” katanya.

Dia pun berharap dengan harmonisasi pemerintah dan masyarakat akan bisa mewujudkan Tabanan yang aman, unggul, dan madani, kompak selalu masyarakat Tabanan.

Bupati Sanjaya beserta Ny Rai Wahyuni Sanjaya selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, juga sempat berkeliling dan meninjau beberapa stand dari 38 stand kuliner yang turut meramaikan pembukaan HUT kota pagi kemarin. Dia sangat mengapresiasi semangat para pelaku IKM dan UMKM dalam mengikuti rangkaian kegiatan HUT. Bagi Bupati Sanjaya, ini menjadi salah satu kebangkitan ekonomi di Tabanan. Dirinya juga sempatkan mengobrol santai dan berfoto selfie dengan warga.

Salah satu pelaku UMKM bernama Sinta yang ditemui di lokasi menyampaikan ungkapan terima kasih sekaligus harapannya terhadap giat jual dan promosi yang disediakan oleh pemerintah.

“Sangat bagus sekali acaranya, karena bisa mengembangkan usaha kita di sini dan juga sambil promosi. Saya berterima kasih selalu diberikan kesempatan dalam memeriahkan acara di Tabanan,” sebut pelaku UMKM berusia 26 tahun itu.

Pada pembukaan HUT ke–530 Kota Tabanan tersebut, berbagai hiburan menarik ditampilkan, mulai dari Baleganjur, Joged, Senam Sicita, penampilan musisi Bali seperti Bagus Wirata, hingga gerak jalan santai hingga pengundian door prize. Seluruh rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir diikuti oleh Bupati Sanjaya beserta Ny Rai Wahyuni Sanjaya dan jajaran. @ des

Komentar