nusabali

Semarak Malam Puncak HUT Ke-530 Kota Tabanan, Bius Ribuan Warga

  • www.nusabali.com-semarak-malam-puncak-hut-ke-530-kota-tabanan-bius-ribuan-warga

TABANAN, NusaBali - Setelah melewati rangkaian kegiatan HUT ke-530  Kota Tabanan selama sebulan, Malam Puncak Perayaan HUT Kota bertajuk ‘Paduraksa Jayaning Singasana’ digelar dengan suasana meriah dan harmonis di Gedung Kesenian I Ketut Marya Tabanan, Rabu (29/11).

Puncak Perayaan HUT Kota kali ini, menampilkan suguhan spektakuler yang masih mengangkat tema kesenian khas Tabanan. Di kesempatan itu juga turut ditampilkan pemutaran video ‘Wonderful of Tabanan’, rangkaian kegiatan sepanjang berlangsungnya HUT Kota Tabanan dan juga tarian kontemporer, Tari Kebesaran Jayaning Singasana, Tari Oleg Tamulilingan, Pentas Drama Gong dan penampilan dari artis-artis kenamaan di Tabanan. 

Acara akbar ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Tabanan, Dr I Komang Gede Sanjaya SE MM, bersama Ny Rai Wahyuni Sanjaya. Hadir pula Ida Tjokorda Anglurah Tabanan, Wakil Bupati I Made Edi Wirawan beserta istri, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan Komandan Rindam IX Udayana, Jajaran Forkopimda Tabanan atau yang mewakili, Anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Tabanan, Sekda beserta para Asisten Setda dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan serta undangan terkait lainnya dan melibatkan ribuan masyarakat.

Tak hanya menampilkan kesenian khas Tabanan, malam puncak juga ditandai dengan acara Peluncuran Buku Biografi I Ketut Marya oleh Prof Dibia dan dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan dari Bupati Tabanan kepada para Seniman Pengabdi Seni dan penghargaan lainnya sejumlah 20 seniman, penyerahan hadiah Lomba Porsenijar Provinsi Bali kepada 4 orang serta penyerahan hadiah lainnya terkait rangkaian HUT Kota ke-530, salah satunya lomba Vlog Bangga Jadi Orang Tabanan.


"Tanpa terasa, kota kita, kota Tabanan telah memasuki usia yang begitu panjang, yaitu 530 tahun. Jika dimaknai, usia ini bukanlah semata-mata deretan angka, tetapi ia memliki kesejahteraan, cerita maupun romantisme sebuah peradaban kota yang begitu panjang dan mengagumkan. Atas dasar kesejarahan inilah, saya memiliki keyakinan untuk membangun Kabupaten Tabanan khususnya Kota Tabanan dengan sebuah jargon Bangga Sebagai Orang Tabanan," ujar orang nomor satu di Tabanan itu penuh semangat.

Di mana, jargon yang dicetuskan itu bermaksud untuk membangunkam spirit ‘Jengah’, kedasaran ‘Menyame Braye’ untuk membangun rumah kita bersama yaitu kota Tabanan. "Inilah langkah awal yang saya lakukan, yaitu membangunkan kesadaran bersama sebagai modal dasar. Langkah selanjutnya, tentu adalah melakukan pembangunan fisik, mempercantik kota Tabanan di sana sini dan masyarakat sekarang dapat melihat gerak pembangunan Kota Tabanan. Lapangan Alit Saputra dibenahi dan lain-lainnya akan segera menyusul," sebutnya lebih lanjut. 

Oleh sebab itu, selaku pemerintah pihaknya berharap, niat baik ini akan disambut oleh masyarakat dengan suka cita. Salah satu harapan terbesarnya adalah masyarakat bisa ikut memberikan perhatian dan menjaga apa yang sudah dan akan dibangun oleh Pemerintah Daerah. Hal tersebut penting, mengingat tidaklah mungkin pemerintah untuk bergerak sendirian, butuh kontribusi kuat dari masyarakat untuk menjaga hasil-hasil pembangunan yang telah dilakukan. 

"Pada tahap inilah pemerintah dan seluruh masyarakat harus bersatu padu, dengan mengedepankan tiga konsep dasar, yaitu pade eling atau rasa peduli, pade liang atau rasa gembira dan pade gelahan atau rasa memiliki untuk mencapai masa kejayaan bersama. Inilah sejatinya makna tema HUT Kota tahun ini Paduraksa Jayaning Singasana yaitu bagaimana pemerintah dan masyarakat harus memadukan rasa dan niat untuk kemajuan kita bersama," jelas Sanjaya lebih lanjut. 


Di kesempatan itu, pihaknya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak, dalam rangka menyukseskan perayaan HUT Kota ke-530. "Semoga segala karma baik yang telah ditanamkan akan memberikan harapan baru bagi daerah kita. Ke depan, tentu kita akan terus melakukan evaluasi untuk memastikan perayaan HUT Kota di tahun 2024 akan lebih meriah dan bermakna. Dirgahayu Kota Tabanan ke-530. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan tuntunan dan berkahNya kepada kita semua," harap Bupati Sanjaya. 

Dengan penuh tekad, Bupati Sanjaya rayakan Hari Ulang Tahun Kota Tabanan yang istimewa ini bersama-sama dengan masyarakat. Seluruh undangan dan masyarakat juga berkesempatan untuk mengunjungi ragam kuliner dari UMKM dan IKM Tabanan yang sudah digelar sejak pagi hari, bahkan dari 27 Nopember 2023. Puluhan stan dengan total 88 UMKM dan IKM nampak memadati kawasan Taman Bung Karno dan Gedung Marya, dan tentunya bisa dinikmati oleh seluruh elemen masyarakat Tabanan. 

Dalam perayaan malam puncak HUT Kota Tabanan itu juga dirangkaikan dengan penyerahan hadiah sejumlah lomba yang diikuti masyarakat Tabanan. Mulai dari lomba Vlog, lomba Posyandu. Penyerahan Jambore hingga penyerahan hadiah Lomba Porsenijar Provinsi Bali yang diserahkan Bupati Tabanan maupun Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan. @des

Komentar