nusabali

Dewa United Protes Kontroversi Tiga Wasit

  • www.nusabali.com-dewa-united-protes-kontroversi-tiga-wasit

JAKARTA, NusaBali - Klub Dewa United mengajukan protes kepada PSSI soal perilaku kontroversi tiga orang wasit. Dewa United menilai keputusan-keputusan tiga wasit itu sangat merugikan timnya dalam tiga pertandingan terakhir.

"Buruknya kepemimpinan wasit dalam memimpin pertandingan bukan saja menciptakan preseden/citra yang buruk untuk sepakbola indonesia tapi juga dapat menghambat kemajuan sepakbola indonesia," kata Presiden Dewa United Ardian Satya Negara, dalam rilisnya, Jumat (4/11) malam.

Sorotan Dewa ditujukan kepada wasit Ryan Nanda Saputra, Rio Permana Putra, dan Nendi Rohaendi. Ryan menghukum penalti Dewa saat menghadapi Madura United pada 22 Oktober, meski pada tayangan ulang Ricky Kambuaya tidak melanggar Hugo Gomes.

Rio memberi hadiah penalti kepada lawan Dewa, Borneo FC, pada 28 Oktober. Mengacu pada tayangan ulang, Agung Mannan tidak melakukan tarikan terhadap pemain Borneo.

Sedangkan Nendi menghadiahi penalti kepada Arema FC pada pertandingan 2 November. Pada tayangan ulang, Dedik Setiawan sudah lebih dahulu berada dalam posisi offside sebelum dilanggar di kotak penalti.

Dari catatan yang ada, ketiga wasit itu sudah pernah menjadi sorotan sebelum Dewa melayangkan protes. Rio pernah memberi penalti kontroversial pada laga Liga 2 2020, saat Sriwijaya FC melawan PSIM Yogyakarta. Nendi juga pernah menjadi objek kemarahan penggemar tuan rumah saat PSS Sleman saat kalah dari tamunya Persija Jakarta pada 4 Agustus.  *

Komentar