nusabali

Estetika dan Lalu Lintas di Jalan Majapahit Kuta Jadi Sorotan

  • www.nusabali.com-estetika-dan-lalu-lintas-di-jalan-majapahit-kuta-jadi-sorotan

MANGUPURA, NusaBali.com - Menghadapi masalah estetika dan lalu lintas yang menimbulkan kemacetan di pertigaan Jalan Majapahit Kuta, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kuta telah mengambil langkah strategis untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Ketua LPM Kuta, I Putu Adnyana mengungkapkan bahwa LPM Kuta telah menerima beberapa laporan terkait masalah estetika di Jalan Majapahit Kuta, Kabupaten Badung.

“Sebenarnya sudah beberapa kali kami menerima laporan terkait estetika jalan ini, akhirnya kami bisa merapikan dan memberikan plang sebagai penanda bahwa jalan ini hanya dapat dilalui oleh mobil yang datang dari arah Selatan,” ujarnya saat dihubungi pada Selasa (31/10/2023) sore.

Adnyana juga menjelaskan bahwa awalnya, batu yang terletak di tengah jalan merupakan inisiatif dari warga setempat untuk mencegah pelanggaran lalu lintas. Sebab terang dia seringkali pengemudi tidak memperhatikan rambu, terutama mereka yang mengandalkan Google Maps. Namun, kini batu tersebut telah dibersihkan dan digantikan dengan plang yang hanya mengizinkan akses bagi sepeda motor dan mobil yang datang dari selatan.

“Nanti kami akan mengganti plang tersebut dengan yang baru, yang menunjukkan larangan bagi mobil untuk masuk,” tambahnya.

Foto: LPM Kelurahan Kuta memasang plang sementara di Jalan Majapahit Kuta. -IST

Menanggapi kemacetan yang sering terjadi, Adnyana mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan langkah antisipatif dengan memasang plang sementara, sebelum akhirnya akan diganti dengan rambu yang lebih baru. Lebih lanjut, Adnyana berharap agar ke depannya bisa bekerjasama dengan instansi terkait untuk memperbarui plang dan rambu lalu lintas di Kelurahan Kuta.

“Hal ini merupakan permintaan dari warga setempat dan plang ini kami pasang sementara untuk menggantikan tumpukan batu yang sebelumnya berada di tengah jalan. Semoga ke depan kami bisa berkoordinasi dengan instansi pemerintah untuk melakukan peremajaan terkait plang dan rambu-rambu jalan di Kelurahan Kuta,” jelasnya.

Tak hanya itu, Adnyana juga menyampaikan bahwa pihaknya telah menaruh perhatian pada lampu penerangan di daerah food court tak jauh dari Jalan Maja Pahit yang sebelumnya mati hidup. Ia menjelaskan bahwa laporan lampu ‘disko’ itu sudah diatensi bersama LPJ Dinas Perhubungan Kabupaten Badung dan saat sini sedang dalam proses perbaikan.

"Sudah kami laporkan dan saat ini sudah dalam tahap perbaikan, dimana banyak lampu penerangan jalan yang sudah berhasil diperbaiki dan kembali normal,” ungkapnya.

Dengan langkah-langkah yang diambil oleh LPM Kuta, Adnyana berharapkan masalah estetika dan lalu lintas di Jalan Majapahit Kuta dapat terselesaikan dengan baik. Serta memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang melintas di daerah tersebut. *ris


Komentar