nusabali

Fantastis! Lionel Messi Raih Ballon d'Or Ke-8

  • www.nusabali.com-fantastis-lionel-messi-raih-ballon-dor-ke-8

PARIS, NusaBali.com - Bintang Inter Miami CF Lionel Messi memenangkan Ballon d'Or untuk kedelapan kalinya, mengalahkan striker Manchester City Erling Haaland setelah memimpin Argentina menjuarai Piala Dunia tahun lalu.

Messi, 36 tahun, menjadi pemain MLS pertama yang mengklaim penghargaan tersebut, meskipun kemenangan tersebut sebagian besar diraih berkat eksploitasi bersama negaranya di Qatar. Mantan pemain Manchester United dan co-owner Inter Miami David Beckham menyerahkan penghargaan tersebut kepada rekrutan berharga Messi di Paris.

Haaland, yang mencetak 52 gol musim lalu saat City memenangkan Treble pada 2022-23, finis kedua dalam pemungutan suara dan memenangkan Trofi Gerd Muller yang diberikan kepada striker terbaik tahun ini.

"Saya tidak dapat membayangkan memiliki karier seperti yang saya miliki. Segala sesuatu yang telah saya capai," kata Messi setelah mendapatkan penghargaan tersebut. "Keberuntungan yang saya miliki bermain untuk tim terbaik di dunia, tim terbaik dalam sejarah. Senang memenangkan trofi individu ini.

"Memenangkan Copa America dan kemudian Piala Dunia, untuk menyelesaikannya sungguh luar biasa. Semua [penghargaan Ballon d'Or] spesial karena alasan yang berbeda."

Sebelum Messi menerima penghargaan tersebut, gelandang Barcelona dan Spanyol Aitana Bonmatí memenangkan Ballon d'Or Féminin setelah tahun yang memecahkan rekor dengan klub dan negara. Dia membantu Barça memenangkan Liga F dan Liga Champions musim lalu, sebelum memimpin Spanyol meraih kejayaan Piala Dunia di musim panas.

Dalam penghargaan lain yang diserahkan pada hari Senin (30/10/2023) malam, rekan setim Messi di Argentina Emiliano Martinez memenangkan Trofi Yashin untuk penjaga gawang terbaik dan gelandang Inggris dan Real Madrid Jude Bellingham dianugerahi Trofi Kopa sebagai pemain terbaik dunia di bawah usia 21 tahun.

Selama pidato penerimaannya, Messi menyampaikan pesan selamat ulang tahun kepada rekan senegaranya dari Argentina, Diego Maradona. Pemenang Piala Dunia 1986, yang meninggal pada 22 November 2020, akan berusia 63 tahun pada hari Senin.

"Sebutan terakhir saya untuk Diego [Maradona]," kata Messi. "Hari ini adalah hari ulang tahunnya. Jadi saya ingin mengingatnya dari sini, dikelilingi oleh pemain, pelatih, dan orang-orang terbaik yang mencintai sepakbola seperti dia.

"Di mana pun Anda berada, Diego, selamat ulang tahun. Ini juga untukmu."

Pencapaian Messi menjadi sangat fantastis dan sukar dilampaui. Bahkan sebelum prosesi di Paris kali ini, tidak ada pemain yang memenangkan Ballon d'Or lebih banyak dari Messi, yang pertama kali memenangkannya pada 2009 dan kemudian lagi pada 2010, 2011, 2012, 2015, 2019 dan 2021.

Cristiano Ronaldo telah memenangkannya lima kali, sementara Michel Platini, Johan Cruyff dan Marco van Basten semuanya adalah pemenang tiga kali.

Messi mencetak 21 gol dalam 41 penampilan musim lalu saat Paris Saint-Germain mempertahankan gelar Ligue 1 sebelum pindah ke Inter Miami awal tahun ini.

Sejak pindah ke AS, ia telah mencetak 11 gol dalam 14 pertandingan untuk Miami, membantu franchise tersebut memenangkan trofi pertamanya, Leagues Cup.

Namun, ia absen dalam beberapa pertandingan karena cedera di akhir musim reguler MLS saat tim Gerardo ‘Tata’ Martino gagal dalam upaya mereka di akhir musim untuk mendapatkan tempat di playoff.

Penampilan Messi di Piala Dunia pada akhir 2022 yang membuatnya mendapatkan Ballon d'Or kedelapan, karena Argentina mengakhiri penantian 36 tahun untuk dinobatkan sebagai juara dunia untuk ketiga kalinya.

Messi, sebagai kapten, berperan penting dalam kesuksesan Argentina di Qatar, mencetak tujuh gol dan memberikan tiga assist saat ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Turnamen.

Dia mencetak dua gol di final dan sekali lagi dalam adu penalti melawan Prancis saat tim Lionel Scaloni memenangkan salah satu pertandingan paling berkesan dalam sejarah kompetisi.

Setelah gagal bersama Argentina di empat Piala Dunia sebelumnya, termasuk kalah di final 2014 dari Jerman, banyak yang menganggap ini sebagai kesempatan terakhirnya untuk mendapatkan hadiah terbesar dalam sepak bola.

Pada usia 36 tahun dan empat bulan, ia juga menjadi pemain tertua kedua yang pernah memenangkan Ballon d'Or, menggantikan pemenang tahun lalu Karim Benzema. Hanya pemenang perdana, Stanley Matthews pada tahun 1956, yang lebih tua ketika ia memenangkannya pada usia 41 tahun.

Enam Ballon d'Or pertama Messi dimenangkan saat ia bermain untuk Barcelona, di mana ia adalah pencetak gol terbanyak dan pemegang penampilan klub, sementara ia memenangkannya untuk ketujuh kalinya setelah bergabung dengan PSG pada tahun 2021 setelah kesuksesan Copa America bersama Argentina.

Komentar