nusabali

Ada banyak manfaat Ini Manfaat Minum Air Hangat Rutin, Sudah Tahu Belum?

  • www.nusabali.com-ada-banyak-manfaat-ini-manfaat-minum-air-hangat-rutin-sudah-tahu-belum

DENPASAR, NusaBali.com - Tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat minum air hangat untuk kesehatan tubuh. Air putih hangat menjadi senjata ampuh dan dapat diandalkan ketika Anda tidak enak badan.

Bahkan konsumsi air hangat secara rutin akan membantu menurunkan berat badan. Jika masih penasaran apa saja manfaat lainnya, simak penjelasan berikut ini.

Ini Manfaat Minum Air Putih Hangat Rutin, Sudah Tahu Belum?

Air putih hangat sangat mudah didapat dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Selain itu, ada banyak manfaat minum air hangat yang bisa Anda rasakan demi menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya membantu melancarkan pencernaan dan menegakkan hidung tersumbat, melainkan ada beberapa manfaat lain, seperti:

1. Meredakan hidung tersumbat

Minum air hangat di pagi hari akan membantu meredakan hidung tersumbat, terutama jika anda sedang flu atau pilek. Air hangat akan menghasilkan uap yang dapat Anda hirup. Uap tersebut akan mencairkan lendir dalam hidung serta melegakan pernafasan.

Selain itu, uap air hangat juga berfungsi merilekskan otot dalam rongga sinus, sehingga lendir yang terperangkap akan mudah keluar. 

2. Meredakan batuk berdahak

Pada dasarnya batuk merupakan respon alami dalam tubuh guna mengeluarkan kuman atau benda asing dari saluran pernafasan. Untuk memudahkan mengeluarkan benda asing tersebut, maka saluran pernafasan akan mengeluarkan lendir yang menjadi faktor penyebab batuk berdahak. 

Minum air hangat secara alami akan menghangatkan tubuh serta meredakan batuk berdahak. Sebab, uap air hangat akan membantu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah Anda keluarkan.

3. Menjaga mood

Untuk meningkatkan fungsi sistem saraf dalam menjaga suasana hati, maka dianjurkan mengkonsumsi air hangat di pagi hari. Hal ini bertujuan juga untuk mengurangi stres dan menurunkan rasa cemas. Oleh karena itu, perhatikan kebutuhan air minum dan konsumsi air hangat terutama sebelum beraktivitas.

4. Mencegah dehidrasi

Pada dasarnya air minum dalam suhu apapun akan membantu tubuh tetap terhidrasi, terutama pada ibu hamil dan menyusui. Selain itu, orang yang sering beraktivitas di bawah paparan sinar matahari sebaiknya memenuhi kebutuhan air putih. Sebab, tubuh perlu hidrasi yang baik demi menunjang kebutuhan cairan. 

Namun, konsumsi air putih hangat akan membantu memenuhi kebutuhan cairan selama beraktivitas seharian penuh. 

5. Menetralkan racun

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa memenuhi kebutuhan air putih akan melindungi ginjal dan mengencerkan racun dalam darah. Oleh karena itu, suhu air dan waktu minum penting untuk diterapkan demi menjaga kesehatan secara keseluruhan. 

Menariknya, mengkonsumsi air putih hangat di pagi hari juga mampu melawan peradangan, menjaga kesehatan persendian serta pencegahan penyakit asam urat.

6. Mengatasi sembelit

Apakah Anda pernah menderita sembelit? Kondisi ini umum terjadi diakibatkan kekurangan cairan dalam saluran pencernaan. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda bisa mengkonsumsi air hangat yang dapat melunakkan feses, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

7. Meningkatkan fungsi sistem saraf

Jika Anda kurang mengkonsumsi air putih, maka akan mempengaruhi sistem saraf. Oleh karena itu, sebelum bekerja atau memulai aktivitas sebaiknya mengkonsumsi air putih. Sebab, bisa membuat Anda lebih konsentrasi dan kinerja kognitif otak tetap optimal.

Tidak mudah menjaga air tetap hangat di sebuah wadah, namun berkat kecanggihan teknologi Anda bisa memanfaatkan botol vacuum. Dapatkan botol yang berkualitas ini hanya di Blibli. Seller dari e-commerce ini tidak akan membuat Anda kecewa.

Ada banyak manfaat minum air hangat di pagi hari untuk kesehatan secara keseluruhan. Anda tidak mudah terserang flu lebih berkonsentrasi saat bekerja dan fungsi otak tetap optimal. Namun, penting untuk diingat tetap memperhatikan takaran konsumsi air putih untuk menghidrasi tubuh.

Komentar