nusabali

Tepis Keraguan, KONI Pusat Pastikan PON Sesuai Agenda

  • www.nusabali.com-tepis-keraguan-koni-pusat-pastikan-pon-sesuai-agenda

JAKARTA, NusaBali - Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman memastikan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 berjalan sesuai agenda yang ditentukan.

Hal tersebut disampaikan seusai rapat terbatas PON XXI Aceh-Sumatera Utara yang memutuskan PON tetap digelar sesuai kalender yaitu pada 28 September hingga 10 Oktober 2024.

“Kita sampaikan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa PON XXI/2024 di Aceh – Sumatera Utara itu tetap jadi sesuai rencana yang dibuat. Jangan ada lagi keragu-raguan dari siapa pun di ruangan ini,” kata Marciano, dalam rilis resmi KONI, Rabu (18/10).

Sebelumnya sempat muncul keraguan terhadap penyelenggaraan PON Aceh-Sumatera Utara karena digelar di tahun politik yaitu adanya pemilu yang membutuhkan banyak tenaga serta anggaran. Karena itu, kedatangan KONI ke Aceh untuk menuntaskan masalah-masalah  dan keragu-raguan yang ada.

“Saya harapkan dengan kehadiran kita semua di sini, menghasilkan rencana final dalam persiapan menuju PON XXI," kata Marciano.

Sementara itu, Plt Dirjen Bina Keuangan Daerah Horas Maurits Panjaitan menyampaikan harapan terkait efisiensi anggaran PON 2024 yang harus ditetapkan sesuai usulan pemerintah Aceh dan Sumut.

“Rapat terbatas ini merupakan tindak lanjut pertemuan pertama pada Oktober yang dipimpin Bapak Menpora dan tindak lanjut dari rapat teknis kita dengan KONI Pusat. (Membahas mengenai) pengurangan atau efisiensi anggaran yang sebelumnya diusulkan baik pemerintah Aceh maupun Sumut,” ujar Horas Maurits menyinggung anggaran rinci.

Lebih jauh, Marciano juga mengungkapkan, KONI Pusat mengupayakan rasionalisasi porsi anggaran daerah untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024.

"Saya bersama pengurus KONI Pusat, Panitia Besar PON dengan tim Kemendagri, secara maraton melaksanakan rasionalisasi anggaran penyelenggaraan PON," kata Marciano.

Marciano mengatakan, rasionalisasi tersebut untuk melihat kondisi dan efisiensi penyelenggaraan PON 2024 Aceh-Sumut, sehingga nantinya pesta olahraga itu terlaksana dengan baik.

"Semua anggaran nanti sudah betul-betul kita pertimbangkan, sehingga menjadi bahan untuk laporan Pj Gubernur Aceh kepada Presiden pada rapat terbatas nanti," ujar Marciano.  Ant

Komentar