nusabali

Libas Italia, Inggris Lolos ke Jerman

Denmark, Slovenia, dan Kazakhstan Berebut Dua Tiket

  • www.nusabali.com-libas-italia-inggris-lolos-ke-jerman

JAKARTA, NusaBali - Inggris dipastikan melaju ke putaran final Euro 2024 setelah menekuk Italia 3-1, dalam lanjutan Kualifikasi Grup C di Stadion Wembley, London,. Rabu (18/10) dini hari WITA. Inggris menjadi tim ke delapan yang berangkat ke Jerman, menyusul Belgia, Prancis, Portugal, Spanyol, Skotlandia, Turki, dan Austria.

Kemenangan Inggris ditentukan dua gol Harry Kane dan Marcus Rashford. Sedangkan Italia sempat unggul terlebih dulu melalui Gianluca Scamacca.  Kini The Three Lions kokoh di puncak klasemen sementara Grup C dengan 16 poin dari enam laga. Sedangkan Italia turun ke peringkat ketiga dengan 10 poin.

Inggris memastikan tiket Euro 2024 karena posisinya dari dua besar tidak akan tergeser, meski punya dua laga sisa. Kemenangan yang juga menegaskan superioritas Inggris di kualifikasi. Mereka meraih lima kemenangan dan satu seri. Ada total 19 gol dibuat dan kebobolan tiga gol.

Sedangkan peluang Italia lolos langsung ke putaran final Euro 2024 masih terbuka lebar jika mampu menyapu bersih dua laga tersisa dan Ukraina gagal menorehkan kemenangan pada laga terakhirnya.

Dalam laga tersebut, secara statistik Inggris dan Italia memiliki catatan yang relatif berimbang. Namun, Inggris sedikit lebih unggul dengan mencatatkan 51 persen penguasaan bola, sementara itu Italia unggul total 15 tendangan ke gawang.

Meski demikian, kapten Inggris Harry Kane menilai, kelolosan itu tidak mudah karena Inggris harus melalui perjuangan berat. Inggris sempat dibuat kesulitan oleh Ukraina saat diimbangi 1-1 bulan lalu. Lalu, dalam kemenangan dini hari tadi, Inggris harus comeback setelah tertinggal duluan di menit ke-15 oleh gol Gianluca Scamacca.

“Kami tertinggal 0-1, kami tetap tenang dan sabar, kami tahu kami bisa menang dan akhirnya bisa mendapatkan itu," ujar Kane.

Sementara itu, Slovenia, Denmark, dan Kazakhstan bersaing memperebutkan dua tiket lolos langsung di Grup H ke putaran final Euro 2024 seusai meraih kemenangan atas lawan-lawannya pada Rabu dinihari WITA.

Slovenia menang tipis 1-0 atas Irlandia Utara pada lanjutan kualifikasi Grup H di Stadion Windsor Park, Belfast.  Kini Slovenia di peringkat pertama klasemen sementara Grup H dengan 19 poin dari 8 laga dan hanya perlu mengamankan tiga poin dari dua laga tersisa agar memastikan satu tempat di Euro 2024.

Situasi serupa juga berlaku untuk Denmark yang mengalahkan San Marino 2-1 di Stadion Olimpico, San Marino. Kemenangan Denmark pada pertandingan ini hadir berkat gol Rasmus Hojlund dan Yussuf Poulsen, sedangkan gol San Marino melalui Alessandro Golinucci.

Denmark kini di peringkat kedua klasemen sementara Grup H memiliki poin yang sama dengan Slovenia, namun kalah dalam selisih gol.

Sementara itu, Kazakhstan terus menjaga asa mereka lolos ke putaran final Euro 2024 setelah mengatasi Fjnlandia dengan skor 2-1 di Olympiastadion, Helsinki. Kini Kazakhstan di peringkat ketiga klasemen sementara Grup H dengan raihan 15 poin dari delapan laga.

Kazakhstan harus menyapu bersih dua pertandingan tersisa untuk lolos ke putaran final Euro 2024, dengan catatan Slovenia atau Denmark gagal meraih dua poin. ant

Komentar