nusabali

Pj Bupati Gianyar Jawab Pandangan Umum Fraksi

  • www.nusabali.com-pj-bupati-gianyar-jawab-pandangan-umum-fraksi

GIANYAR, NusaBali - Penjabat Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa menyampaikan jawaban atas pandangan umum fraksi di DPRD Kabupaten Gianyar terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Gianyar Tahun Anggaran 2024 di Ruang Sidang DPRD Gianyar, Selasa (17/10).

Mengawali jawabannya, Tagel Wirasa meyakinkan Fraksi PDI Perjuangan bahwa pendapatan daerah tahun 2024 bisa mencapai Rp 1,6 triliun lebih. “Seiring dengan kondisi ekonomi yang terus membaik serta semakin meningkatnya kunjungan wisatawan, saya yakin dan optimis target pendapatan yang kita rencanakan di tahun 2024 sebesar Rp 1,669 triliun akan tercapai,” ujar Tagel Wirasa. 

Terkait kenaikan belanja pegawai, Tagel Wirasa menjelaskan karena disebabkan adanya kenaikan gaji PNS sebesar 8% serta untuk pembayaran gaji PPPK.

Dia mengaku akan mengkaji ulang belanja hibah sehingga benar-benar bisa menggerakkan perekonomian lokal. “Belanja hibah yang dirancang sebesar Rp 201,604 miliar lebih, kami sepakat untuk dikaji kembali sehingga betul-betul dapat mendorong pergerakan ekonomi lokal masyarakat,” tegas Tagel Wirasa.

Pembiayaan daerah dalam RAPBD Tahun Anggaran 2024 akan digunakan untuk penyertaan modal pada PT Bank BPD Bali sebesar Rp 72,937 miliar lebih dan pembayaran cicilan pokok utang PEN pada PT SMI bersumber dari dana DAU sebesar Rp 75,588 miliar lebih.

Birokrat asal Desa Tampaksiring ini juga menjelaskan data kemiskinan ekstrem di Kabupaten Gianyar sudah diverifikasi dan validasi dengan melibatkan OPD dan aparat desa serta menggelar musyawarah desa untuk penetapan data kemiskinan ekstrem. “Dari 48 KK miskin ekstrem di Kabupaten Gianyar yang meliputi Sukawati 1 KK, Blahbatuh 2 KK, Gianyar 9 KK, Tegallalang 4 KK, Ubud 2 KK, Payangan 14 KK, dan Tampaksiring 16 KK akan dilakukan langkah-langkah penanggulangan jangka pendek sesuai dengan kondisi di lapangan seperti memberikan bantuan langsung tunai,” jelasnya menjawab pandangan umum Fraksi PDI Perjuangan yang disampaikan Nyoman Kandel.

Menanggapi pemandangan umum Fraksi Golkar yang disampaikan I Made Togog, Penjabat Bupati menjelaskan bahwa penetapan target pendapatan khususnya PAD sudah berdasarkan pada perhitungan yang cermat dan komprehensif. Meningkatkan kesadaran masyarakat telah dilakukan hal-hal seperti sosialisasi secara rutin, mengoptimalkan pelayanan pajak keliling (jemput bola) untuk mempermudah pelayanan kepada wajib pajak, serta melakukan program tax incentive (penghapusan denda pajak bagi wajib pajak yang mau melunasi utang pajaknya).

Pada dasarnya, Pemkab Gianyar setuju dengan usul saran dari Fraksi Partai Golkar bahwa hibah bagi masyarakat yang difasilitasi anggota DPRD baik hibah perubahan 2023 dan induk 2024 dapat direalisasikan sesuai dengan tahapan, sehingga perputaran uang dan proyek dapat dinikmati oleh perajin dan tenaga kerja masyarakat Gianyar.

Mengenai usul saran Fraksi Partai Demokrat yang disampaikan I Gede Sudarta yang menyinggung tentang pemeliharaan trotoar, Tagel Wirasa menyampaikan bahwa pemeliharaan dan perbaikan trotoar secara rutin setiap tahun dilaksanakan berdasarkan kondisi lapangan dan skala prioritas melalui Program Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Drainase yang terhubung langsung dengan sungai dalam daerah Kabupaten. 

Pandangan umum Fraksi Indonesia Raya yang disampaikan I Gusti Ngurah Kapidada yang tidak jauh berbeda dengan fraksi lainnya telah dijelaskan dalam jawaban fraksi PDI Perjuangan terkait data kemiskinan ekstrem di Kabupaten Gianyar.

Tagel Wirasa mengucapkan terima kasih atas sinergitas dan kerja sama yang telah terjalin antara legislatif dan eksekutif sehingga pemerintahan dapat berjalan dengan lancar untuk kemajuan Gianyar serta peningkatan kesejahteraan masyarakat. 7 nvi

Komentar