nusabali

Jaga Asa Lolos, Italia Tatap Inggris

Slovenia dan Denmark Petik Kemenangan

  • www.nusabali.com-jaga-asa-lolos-italia-tatap-inggris

BARI, NusaBali - Timnas Italia menjaga asa lolos ke putaran final Euro 2024, seusai melibas Malta 4-0, dalam lanjutan laga Grup C di Stadion San Nicola, Bari, Minggu (15/10) Wita.

Meski demikian, pelatih Italia Luciano Spaletti mengingatkan Inggris sudah menunggu kebangkitan Italia.

Ya, Kemenangan Italia ini berkat gol Giacomo Bonaventura, Domenico Berardi (dua gol ) dan Davide Frattesi.  Kini Italia di peringkat kedua klasemen Grup C dengan 10 poin dari lima laga, terpaut tiga poin dari Inggris di posisi pertama.

Kemenangan ini menjaga peluang Italia ke putaran final Euro 2024 di Jerman. Saat ini Italia di posisi kedua Grup C Kualifikasi Euro 2024 dengan 10 poin dari lima laga, unggul selisih gol atas Ukraina di posisi ketiga. Ada tiga poin membedakan dengan Inggris di puncak klasemen. Malta di posisi terbawah dengan nol poin.

Untuk mengamankan satu tempat di putaran final Euro 2024, Italia perlu setidaknya mengamankan dua kemenangan dari tiga laga yang tersisa agar bisa lolos tanpa terpengaruh hasil negara lain.

Secara statistik Italia mendominasi jalannya laga dengan mencatatkan 66 persen penguasaan bola dan melepaskan total 16 tendangan yang empat di antaranya tepat sasaran. Selanjutnya Italia menghadapi Inggris pada laga Grup C Kualifikasi Euro 2024, Selasa (18/10), sedangkan Malta menjamu Ukraina, di hari yang sama.

Usai kemenangan itu, pelatih Italia Luciano Spalletti puas melihat kemenangan telak atas Malta. Tapi, ujian sesungguhnya bernama Inggris sudah menunggu.  Sebab skor menggambarkan dominasi Italia dengan 67 persen ball possesion dan 18 attempts, empat di antaranya on goal dan berujung gol.

"Yang terpenting adalah tiga poin, jangan pernah ragu dan menganggap remeh lawan, selalu tampil profesional," ujar Spalletti.

Ujian yang sesungguhnya untuk Spalletti baru hadir pada Rabu (18/10) dinihari WITA, saat menghadapi Inggris di Wembley. Kemenangan tentu jadi misi Italia untuk bisa memberikan tekanan kepada rival terberatnya itu. 

Sementara itu, Slovenia dan Denmark bersaing mengamankan posisi puncak Grup H Kualifikasi Euro 2024 setelah mengalahkan lawan-lawannya, Minggu dini hari WITA.  Slovenia mengalahkan Finlandia 3-0 di Stadion Stozice, Ljubljana, Slovenia.

Kini Slovenia memuncaki klasemen sementara Grup H Kualifikasi dengan 16 poin dari tujuh laga, sedangkan Finlandia di peringkat tiga dengan 12 poin.

Selanjutnya Denmark menaklukkan Kazakhstan 3-1 di Stadion Parken, Kopenhagen. Hasil itu membuat Denmark di peringkat kedua klasemen sementara Grup H Kualifikasi Euro 2024 dengan 16 poin dari tujuh laga, dan kalah selisih gol dari Slovenia di peringkat pertama.

Peta persaingan Grup H, keempat negara ini masih memiliki peluang untuk lolos ke putaran final Euro 2024 dan tiga laga tersisa bagi masing-masing negara akan sangat menentukan untuk mereka. *

Komentar