nusabali

ASDP Antisipasi Arus Balik dari Mandalika ke Bali

  • www.nusabali.com-asdp-antisipasi-arus-balik-dari-mandalika-ke-bali

AMLAPURA, NusaBali - Tuntas sudah gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (15/10). PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat adanya kenaikan signifikan realisasi total kendaraan yang menyeberang dari Bali ke Lombok menjelang gelaran internasional tersebut.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin, Sabtu (14/10), menyampaikan bahwa ASDP telah melakukan peningkatan fasilitas dan infrastruktur Pelabuhan Lembar sebagai upaya mendukung perhelatan internasional tersebut. 

"Adanya kenaikan arus kendaraan khususnya pada roda dua menunjukkan antusias masyarakat dalam mendukung keberhasilan MotoGP Mandalika. Tentu, sebagai enabler transportasi laut, ASDP terus berupaya meningkatkan fasilitas yang dibutuhkan untuk melayani para penumpang," tuturnya.

Tiga pekan sebelum perhelatan, ASDP juga terus mengimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk segera melakukan reservasi tiket ferry melalui domain trip.ferizy.com dalam rangka menghindari kemungkinan tidak tersedianya tiket. Calon penumpang sudah bisa melakukan reservasi tiket online sejak 60 hari sebelum keberangkatan.

Selain penonton, ASDP tetap mengupayakan kelancaran mobilisasi kendaraan logistik, kendaraan yang akan digunakan sebagai akses transportasi darat, dan mobilisasi masyarakat yang akan berwisata. Persiapan armada terjadwal merupakan langkah antisipasi ASDP menghadapi kemungkinan lonjakan jumlah kendaraan.

Shelvy menegaskan bahwa pihaknya telah memastikan ketersediaan armada dengan rute langsung ke Lombok baik dari Ketapang dan Padangbai. Layanan pelabuhan yang beroperasi 24 jam juga menjadi bagian dari upaya ASDP dalam menyokong mobilitas penumpang yang ingin langsung menuju Mandalika. Ia juga menjelaskan, puncak arus penumpang dan kendaraan dapat terjadi pada saat arus pulang seperti tahun sebelumnya. Untuk itu ASDP telah membuka rubberzone dengan kapasitas lebih dari 400 unit kendaraan dari arah Lombok menuju Pelabuhan Lembar. 

Berdasarkan data Pelabuhan Padangbai periode 1 Oktober 2023 hingga 13 Oktober 2023, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 23 unit kapal. Adapun realisasi total penumpang mencapai 28.459 orang dengan rincian total pejalan kaki sebanyak 3.748 orang.

Tercatat realisasi kendaraan roda dua sejumlah 5.536 unit sedangkan roda empat mencapai 1.639 unit. Adapun truk logistic yang telah menyeberang dari Bali ke Lombok mencapai 1.392 unit. Total seluruh kendaraan tercatat 8.828 unit yang telah menyeberang dari Bali ke Lombok pada periode tersebut.

Sebaliknya, data total penumpang yang menyeberang dari Lombok ke Bali pada periode yang sama tercatat 18.600  orang dengan jumlah penumpang pejalan kaki sebanyak 3.469 orang. Tercatat realisasi kendaraan roda dua sejumlah 4.123 unit sedangkan roda empat mencapai 1.034 unit. 

Adapun truk logistik yang telah menyeberang dari Lombok ke Bali mencapai 1.545 unit. Total seluruh kendaraan tercatat 6.779 unit yang telah menyeberang dari Lombok ke Bali pada periode 1-13 Oktober 2023.

Dalam momentum ini, ASDP berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) / ITDC dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA).7

Komentar