nusabali

Prancis, Portugal, dan Belgia Pastikan Lolos ke Euro 2024

  • www.nusabali.com-prancis-portugal-dan-belgia-pastikan-lolos-ke-euro-2024

AMSTERDAM, NusaBali.com - Kylian Mbappé dan Cristiano Ronaldo sama-sama mencetak dua gol untuk membantu Prancis dan Portugal mengamankan tempat di Piala Eropa 2024 atau Euro 2024 tahun depan dengan rekor sempurna di kualifikasi. Timnas Belgia juga memastikan tempat ke Jerman pada Jumat (13/10/2023) atau Sabtu dini hari di Indonesia.

Tiga kekuatan Eropa semuanya membutuhkan kemenangan untuk lolos ke turnamen dan penyerang bintang mereka memastikan mereka mendapatkannya.

Dua gol Mbappé -- termasuk tembakan jarak jauh untuk yang kedua -- membantu mengamankan kemenangan 2-1 atas Belanda di Amsterdam untuk kemenangan keenam sempurna di Grup B.

Mbappé membuka skor pada menit ketujuh ketika ia mengalahkan Lutsharel Geertruida untuk umpan silang dari kanan oleh Jonathan Clauss untuk melewati kiper Brighton Bert Verbruggen, yang melakukan debutnya untuk Belanda.

Itu adalah gol internasional ke-41 Mbappé, membuatnya sejajar dengan legenda Prancis Michel Platini. Dalam 10 laga internasional terakhirnya, striker Paris Saint Germain ini sudah mencetak 10 gol untuk Les Bleus.

"Saya bukan orang yang khawatir, dan terutama tidak tentang Kylian," kata pelatih Prancis Didier Deschamps. "Dia menunjukkan hari ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Ketika dia seperti ini, jelas Prancis memiliki lebih banyak peluang untuk menang."
Mbappé menggandakan keunggulan pada menit ke-53 ketika ia bertukar umpan dengan Adrien Rabiot di tepi kotak penalti Belanda sebelum melepaskan tembakan melengkung melewati Verbruggen.

Gelandang Feyenoord Quilindschy Hartman, dalam penampilan internasional penuh pertamanya, membuatnya menjadi 2-1 dengan 10 menit tersisa. Itu adalah gol kebobolan pertama Prancis di babak kualifikasi.

Pada laga lain Yunani naik ke tempat kedua dengan 12 poin setelah Giakoumakis dan Giorgos Masouras masing-masing mencetak satu gol untuk mengalahkan Irlandia 2-0 di Dublin. Belanda tetap di urutan ketiga dengan 9 poin dengan satu pertandingan tersisa. Dua tim teratas di setiap grup lolos langsung.

Portugal, Ronaldo Cetak Dua Gol untuk Lolos ke Euro 2024

Dua gol Ronaldo meningkatkan rekor gol internasionalnya menjadi 125 dalam 202 penampilan dan membawa Portugal menang 3-2 atas Slovakia.
Ronaldo mengonversi dari titik penalti pada menit ke-29, mengirim kiper Slovakia Martin Dúbravka ke arah yang salah untuk menggandakan keunggulan menjadi 2-0.
Penyerang Goncalo Ramos telah memberi tuan rumah keunggulan dengan sundulan 11 menit sebelumnya.

Setelah David Hancko membalas satu gol untuk Slovakia di babak kedua, Ronaldo memulihkan keunggulan dua gol dari umpan silang rendah Bruno Fernandes yang menemukannya di tiang jauh.

Dia melompat tinggi dalam perayaan khasnya di depan para penggemar yang bergemuruh di Porto setelah gol ketujuhnya dalam enam pertandingan kualifikasi.
"Cristiano sedang dalam performa yang baik, dia bermain banyak menit dan mencetak banyak gol dengan klubnya," kata pelatih Portugal Roberto Martinez sesudahnya.

"Di tim nasional dia memiliki banyak pengalaman, dia adalah stimulus dan referensi bagi para junior. Kita semua melakukan yang terbaik. Ini bukan permainan individu, ini permainan kolektif."

Stanislav Lobotka mencetak gol kedua untuk Slovakia pada menit ke-80.

Dengan tiga pertandingan tersisa, Portugal memiliki rekor 100% setelah tujuh kemenangan beruntun dengan selisih gol 27-2, performa terbaik dalam kampanye kualifikasi Eropa. 
Slovakia adalah tim pertama yang mencetak gol ke gawang Portugal. Slovakia tetap di posisi  kedua dengan 13 poin, Luksemburg di urutan ketiga tertinggal 2 poin  setelah menahan Islandia dengan skor imbang 1-1 di Reykjavik.

Pada laga lainnya, Bosnia menang 2-0 di Liechtenstein yang tidak memiliki poin dan berada di urutan keempat dengan sembilan poin dengan Islandia tertinggal dua poin lagi.

Belgia Lolos ke Euro 2024 Setelah Kalahkan Austria 3-2

Romelu Lukaku mencetak gol lagi dan Dodi Lukébakio menambahkan dua gol lagi untuk Belgia, yang harus bertahan dengan 10 pemain untuk mengalahkan Austria 3-2 di Vienna dan memastikan kemajuan dari Grup F.

Lukaku memperdaya  kiper Alexander Schlager untuk membuat skor menjadi 3-0 setelah menerima umpan manis dari Jérémy Doku pada menit ke-58, hanya tiga menit setelah Lukebakio mencetak gol keduanya.

Lukaku memuncaki daftar pencetak gol di kualifikasi dengan sembilan gol dari enam pertandingan untuk membuat total gol internasionalnya menjadi 79.

Lukebakio menerobos dari sisi kanan sebelum mencetak gol ke dalam tiang jauh dari sudut yang sempit untuk membawa Red Devils unggul pada menit ke-12. Itu adalah gol internasional pertama bagi striker Sevilla tersebut di laga internasionalnya.

Konrad Laimer membalaskan satu gol untuk Austria pada menit ke-72 dan Belgia kemudian harus bermain dengan 10 pemain enam menit kemudian ketika gelandang Amadou Onana dikeluarkan dari lapangan karena mendapat kartu kuning kedua. 

Marcel Sabitzer mencetak gol kedua Austria dari titik penalti pada menit ke-84 namun tuan rumah tidak mampu menyamakan kedudukan.

Belgia mengumpulkan 16 poin dari enam pertandingan, dengan Austria tertinggal tiga poin setelah kekalahan pertama mereka di kualifikasi.

Sementara Swedia yang tidak bertanding, berada di urutan ketiga dengan enam poin dari lima pertandingan dan masih memiliki peluang kecil untuk menyalip Austria.

Komentar