nusabali

Tim Basket Putra Lolos PON

  • www.nusabali.com-tim-basket-putra-lolos-pon

DENPASAR, NusaBali - Tim Basket 5 x 5 Bali atau basket konvensional putra memenuhi target lolos PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Bahkan mereka tak tersentuh kekalahan dan menjadi tim pertama yang lolos PON, saat menjalani babak kualifikasi lewat Kejurnas Bola Basket U-23, yang berakhir Minggu (8/10) di GOR Merpati Denpasar. 

Kualifikasi yang dimulai sejak 1 Oktober itu, tim putra Bali mampu melibas lawan-lawannya dengan hasil sempurna. Menurut pelatih I Gusti Ngurah Rusta Wijaya pada Senin (9/10) tiket PON didapat setelah pertandingan pertama unggul 109-40 lawan Maluku Utara, lalu lawan Maluku juga menang telak 99-38. 

Rusta Wijaya mengatakan, pada laga ketiga sempat bermain lawan Sulawesi Selatan. Beruntung tren positif masih tetap berlanjut, meski menang 78-77 atau hanya terpaut setengah bola. Rusta Wijaya menambahkan pada laga terakhir kembali menang meyakinkan atas Banten 76-47. 

Hasil yang sangat gemilang itu memastikan diri sebagai tim pertama meraih tiket PON XXI/2024. Menanggapi soal evaluasi, Rustu Wijaya menyebut tahap selanjutnya masih menunggu instruksi KONI Bali kapan mulai persiapan untuk PON Aceh - Sumatera Utara. 

Menurutnya, yang pasti akan evaluasi hasil kualifikasi tetap akan dilakukan. Dia juga akan memanggil 24 nama pemain yang menjadi long list untuk dilakukan seleksi ulang lagi.

"Waktu babak kualifikasi PON hanya main 12 orang, kedepannya menuju PON 2024 masih ada seleksi ulang lagi, pemain yang dulu sempat menjadi daftar tunggu kita seleksi ulang lagi, sejauhmana kesiapannya. Pemain yang progresnya bagus tentu akan kita rekrut," Rusta Wijaya, yang juga asisten pelatih Bali United Basketball. 

Sebagai pelatih, Rustu Wijaya, mengaku sangat bersyukur dengan status sebagai tim tuan rumah, hingga Bali jadi tim pertama yang lolos PON 2024. Selain Bali, tim lainnya yang lolos PON adalah Jawa Timur, Jawa Barat, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Jawa Tengah, dan Bangka Belitung, serta dua tim tuan rumah, Aceh dan Sumatera Utara. dek

Komentar