nusabali

Bali United Tekan Tim Papan Atas

Bessa dan Dollah Cetak Gol di Kandang Bhayangkara

  • www.nusabali.com-bali-united-tekan-tim-papan-atas

Pelan tapi pasti, Bali United mulai meramaikan persaingan tim papan atas. Meski masih terpaut tiga angka dengan pemuncak klasemen Borneo FC (31 poin), Bali United masih memiliki dua kali laga.

GIANYAR, NusaBali
Bali United memenuhi target meraih tiga poin di kandang Bhayangkara Presisi, dalam laga pekan ke-15 di Stadion Candrabhaga, Bekasi. Jawa Barat, Minggu (8/10) malam. Tiga poin itu diraih setelah skuad Serdadu Tridatu mengalahkan tim tuan rumah 2-1. Gol Bali United dicetak Eber Bessa menit ke-3, dan Elias Dolah (43), sedangkan gol Bhayangkara oleh Sani Rizki Fauzi (67). 

Dengan tambahan tiga poin itu, Bali United merangsek menekan tim papan atas dengan 24 poin. Anak asuh Stefano Cugurra itu kini di posisi enam dengan poin lima, sama dengan yang diraih PSIS Semarang. Pelan tapi pasti, tim kebanggaan Pulau Dewata itu mulai meramaikan persaingan tim papan atas. Meski masih terpaut tiga angka dengan pemuncak klasemen sementara Borneo FC (31 poin), Bali United masih memiliki dua kali laga untuk merebut poin maksimal dalam putaran pertama.

Bali United unggul berawal dari tendangan bebas untuk memanfaatkan peluang dari jarak 16 meter. Jarak yang dekat dengan area penalti itu, mampu dikonversi gelandang serang Bali United. Permainan terbuka yang diterapkan kedua tim membuat silih berganti mendapay peluang. Bali United menambah keunggulan, dengan memanfaatkan kemelut di depan di depan gawang Awan Setho Raharjo. Bek tengah Elias Dolah berhasil mencocor bola dengan kaki kiri usai memenangi duel perebutan bola di udara.  Bola yang jatuh di kaki kiri, langsung disodok ke gawang Awan Setho Raharjo yang terpaksa dua kali memungut bola dari gawangnya. 

Jelang bubaran, sempat terjadi insiden, wasit Yudi Nurcahya meniup peluit padahal masih tambahan waktu babak pertama belum berakhir. Menyadari kekeliruan bahwa ada tambahan waktu dua menit, wasit kembali mengambil inisiatif menuntaskan hingga tambahan waktu berakhir. Sebab saat itu masih menunggu menit ke-45 plus 25 detik. Hingga harus dilanjutkan dua menit lagi untuk menuntaskan tambahan waktu. 

Pada tambahan waktu babak pertama skor tetap untuk keunggulan Skuad Serdadu Tridatu 2-0. Usai turun minum tim tuan rumah memperagakan permainan cepat. Usaha itu membuahkan hasil, berhasil memperkecil ketertinggalan lewat Sani Rizki Fauzi menit ke 67. Hingga papa skor berubah menjadi 2-1. 

Sedangkan 10 menit menjelang bubaran, Teco menerapkan strategi berbeda. Biasanya saat unggul langsung bertahan dan menjaga keunggulan. Namun kali ini memasukkan dua pemain depan sekaligus Irfan Jaya dan Ilija Spasojevic, hingga 10 menit terakhir, Bali United memborbardir pertahanan Bhayangkara. 

Disatu sisi Bhayangkara yang sebelumnya berupaya mengejar ketertinggalannya dengan menekan lini belakang skuad Serdadu Tridatu. Irfan Jaya sempat mendapatkan peluang emas, namun ditepis kiper Awan Seto. Dalam waktu tambahan enam menit, Ardi Idrus digantikan Made Andhika Wijaya, dan Privat Mbarga digantikan Ryuji Utomo. 

Kali ini arsitek Bali United berbalik mengubah strategi untuk bertahan, dan sesekali melakukan serangan balik dengan kecepatan pemainnya. Dalam permainan terbuka di ujung laga, akhirnya dimenangkan Bali United sekaligus memberikan tekanan kepada tim - tim papan atas untuk waspada. dek

Komentar