nusabali

Turah Mantri Minta Fokus Gali Potensi Pemain Lokal

  • www.nusabali.com-turah-mantri-minta-fokus-gali-potensi-pemain-lokal

DENPASAR, NusaBali - Ketua Umum Askot PSSI Denpasar Anak Agung Ngurah Garga Candra Gupta menekankan Perseden Denpasar yang berlaga di Liga 3 Nasional menggali potensi pemain lokal Bali. Meski harus bersaing di level nasional, Candra Gupta optimistis kemampuan dan kualitas pemain muda asal Bali.

"Kalau saya lebih cendrung menggunakan pemain lokal saja, makanya kita berharap tim Perseden bisa keliling ujicoba di Bali, sekalian mencari bibit pemain potensial untuk direkrut," kata Turah Mantri, panggilan akrab Anak Agung Ngurah Garga Candra Gupta, Jumat (6/10). 

Menurut Turah Mantri, pemain lokal Bali berkualitas diyakini tidak kalah jauh dengan materi pemain tim asal Jawa. Sepanjang dilakukan pemantauan dengan baik, menyasar semua pemain di seluruh Bali, dia optimistis pemain potensial akan dapat ditemukan. Makanya, nanti ada agenda ujicoba tour keliling Bali menyasar semua daerah di Bali. 

"Sekalian ujicoba dengan tim - tim lokal, juga ada misi mencari pemain lokal berkualitas untuk direkrut bergabung dengan Perseden Denpasar," tegas Turah Mantri, yang juga mantan pemain sepakbola itu.

Turah mantra mengakui keinginan mencari pemain keluar daerah tidak dilakukan pada musim kompetisi tahun ini. Kesempatan lebih dibuka untuk pemain lokal berkualitas yang selama ini luput dari pantauan. "Semoga saja kita dapatkan pemain lokal yang memilki kemampuan bersaing di nasional nantinya," harap Turah Mantri. 

Turah Mantri menambahkan, Perseden dipastikan langsung tampil di Liga 3 nasional pada April 2024. Laskar Catur Muka, julukan Perseden langsung main di tingkat nasional, karena menjadi juara zona Bali pada 2022 lalu.

"Tahun sebelumnya Liga 3 Zona nasional kan tidak diputar, makanya untuk tahun ini yang juara tahun sebelumnya langsung otomatis menjadi wakil Bali di tingkat nasional," tandas Turah Mantri. 

Sekum Askot PSSI Denpasar Made Witarka juga mengakui mendapatkan informasi saat pembagian grup peserta Piala Soeratin kelompok umur (KU) 13 tahun, 15 tahun, dan KU 17 tahun. Perseden Denpasar yang juara Liga 3 musim sebelumnya tanpa harus melewati babak kualifikasi zona Provinsi lagi, karena waktu itu tidak sempat tampil di nasional selaku wakil Bali. 

Saat itu Liga 2, dan Liga 3 tingkat nasional dihentikan PSSI. Bahkan peserta kompetisi Liga 1 tanpa degradasi dan promosi. Sehingga tim lama masih diberikan kesempatan tampil di level nasional. Dengan situasi seperti itu, kata Witarka, pihaknya harus bergerak cepat merekrut pemain untuk Liga 3 Nasional. 

Dari informasi yang diterima Witarka, di level nasional nanti akan ada 80 tim yang ambil bagian dibagi menjadi 20 grup. Perseden saat ini masih tunggu pembagian grup yang rencananya baru digulirkan pada April 2024 nanti untuk kompetisi nasional.dek

Komentar