nusabali

FOKSI Bali Daftarkan Delapan Atlet Cadangan

  • www.nusabali.com-foksi-bali-daftarkan-delapan-atlet-cadangan

MANGUPURA, NusaBali - Pengprov Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (FOKSI) Bali mendaftarkan delapan atlet cadangan yang sewaktu-waktu siap menggeser atlet definitif dalam babak kualifikasi PON. Mereka akan tampil sebagai pemain pengganti dalam ajang PON XXI/2024 di Sumatera Utara.

"Regulasi memang memperbolehkan mendaftarkan atlet cadangan, kesempatan itu juga kita gunakan sebagai antisipasi," kata Manajer Tim Kabaddi Bali, I Kadek Sudharma Hariawan, Minggu (1/10). 

Menurut Sudharma Hariawan, istilah atlet cadangan adalah atlet yang masuk dalam daftar di luar atlet definitif sesuai kuota maksimal 12 atlet putra dan 12 atlet putri. Langkah tersebut, kata Sudharma, karena regulasi memperbolehkan mendatarkan atlet cadangan. Namun dia berharap tidak sampai terjadi pergantian atlet. 

“Namun dalam perkembangannya jika ada atlet cedera, berhalangan menjelang bertanding, atau ada alasan lain yang mengakibatkan atlet definitif tidak bisa bertanding, kita langsung punya atlet cadangan yang siap tampil,”kata Sudharma Hariawan, yang juga Ketum Pengkab FOKSI Badung.

Apalagi tim pelatih, kata Sudharman, juga masih menerapkan sistem promosi dan degradasi setelah tampil di kualifikasi PON. Jadi atlet yang berstatus sebagai cadangan yang didaftarkan itu, selalu siap baik dari segi teknik, materi dan strategi lainnya. 

Sudharma Hariawan mengatakan atlet cadangan ini diyakini akan tetap memberikan persaingan secara sehat di internal tim.  Menurutnya, mereka akan tetap menunjukkan kemampuan terbaik selama persiapan hingga tampil dalam kualifikasi PON. Harapannya saat lolos PON, mereka tetap konsisten menjalani latihan, penuh disiplin, dan menjaga prestasi terbaiknya. 

"Sebenarnya kita tidak ingin ada pergantian atlet, tetapi hal itu tetap kita antisipasi. Sebab, setelah melewati babak kualifikasi PON, masih ada durasi 1 tahun kedepan, jadi kemungkinan apapun masih bisa terjadi, makanya kita proteksi dengan baik," kata Sudharma Hariawan, yang juga mantan Humas PBVSI Bali. dek

Atlet Cadangan Kabaddi Bali:
1. I Putu Darma Indrawan 
2. Pande Kade Nosa Surya 
3. I Made Widi Januarta 
4. Agus Yoga Sedana 
5. I Made Pande Dita Wijaya 
6. I Ketut Duta Wira Sastra 
7. Ni Komang Tri Meiyoni
8. Ni Made Praarthini Samitha S

Komentar