nusabali

Sasar Milenial, Bawaslu Gianyar Gelar Pendidikan Politik

  • www.nusabali.com-sasar-milenial-bawaslu-gianyar-gelar-pendidikan-politik

GIANYAR, NusaBali - Bawaslu Gianyar ‘Patroli Kawal Hak Pilih’ dengan menggelar pendidikan politik di SMA Negeri 1 Sukawati, Sabtu (30/9). Kegiatan ini untuk memperkenalkan kelembagaan Bawaslu serta sosialisasi tentang Kepemiluan kepada milenial.

Anggota Bawaslu Kabupaten Gianyar, Ni Luh Putu Reika Chrisyanti didampingi rekannya, I Wayan Gede Sutirta mengatakan ‘Patroli Kawal Hak Pilih’ dengan sasaran milenial ini diharapkan menguatkan partisipasi aktif pemilih pemula untuk kawal hak pilih di Pemilu 2024.

Reika juga menjelaskan peran lembaga penyelenggara pemilu secara detail. “Jadi untuk penyelenggara pemilu terdapat  tiga lembaga penyelenggara yaitu KPU sebagai penyelenggara teknis, Bawaslu sebagai pengawas dan DKPP sebagai Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu. Untuk adik-adik (siswa-siswi,red) sekalian dalam menggunakan hak pilih nanti, tentu penggunaan hak pilih tersebut berdasarkan asas pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” terang Reika di hadapan para milenial.

Reika Chrisyanti menyampaikan Bawaslu Gianyar turun di SMAN 1 Sukawati untuk terus menerus menguatkan pemahaman tentang Kepemiluan kepada para siswa. Kata dia, para siswa dapat turut melakukan pengawasan dari hal terkecil, mulai terhadap diri sendiri dalam hajatan Pemilu 2024. “Adik-adik dapat turut serta terlibat, salah satunya dengan cara melakukan pengecekan terhadap data diri sendiri apakah sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap atau belum,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Gianyar I Wayan Gede Sutirta menjelaskan bahwa pemilu merupakan hal yang sangat penting sebagai sarana kedaulatan rakyat.  Dengan sosialisasi yang diberikan tersebut, Bawaslu Kabupaten Gianyar berharap masyarakat dapat berpartisipasi dan berperan aktif untuk menyukseskan pemilu. “Apalagi bisa melakukan pengawasan atau pencegahan untuk meminimalisir potensi pelanggaran. Karena sejatinya pemilu ini merupakan sarana kedaulatan rakyat yang disiapkan untuk masyarakat dan hasilnya akan kembali ke masyarakat,” tegas Sutirta.n nvi

Komentar