nusabali

Kondusif, Pemungutan Suara Pilkel di Buleleng

  • www.nusabali.com-kondusif-pemungutan-suara-pilkel-di-buleleng

Situasi kondusif dan lancar terlihat pada Pemilihan Perbekel serentak di 11 desa yang ada di Kabupaten Buleleng.

SINGARAJA, NusaBali
Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak di 11 desa di Kabupaten Buleleng berlangsung pada Minggu (24/9). Untuk itu, ratusan personel Polres Buleleng dikerahkan untuk pengamanan termasuk mengawal proses pemungutan suara. Pemantauan pemungutan suara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Buleleng AKBP, I Made Dhanuardana.

Pemantauan pertama dilakukan di Desa Sangsit, Kecamatan Sawan bertempat di TPS 17, 18, dan 19 yang berlokasi di SD Negeri 1 Sangsit. Dilanjutkan ke Desa Tukadmungga bertempat di TPS 2 dan TPS 3 yang berlokasi di SD Negeri 1 Tukadmungga. Kemudian ke arah barat menuju Desa Dencarik, Kecamatan Banjar, bertempat di TPS 4 yang berlokasi di Balai Banjar Bajangan. "Dalam pemantauan ini pelaksanaan pemungutan suara Pilkel berjalan kondusif," ujar AKBP Dhanu kemarin usai pemantauan.

Ia mengatakan Pilkel serentak diikuti 11 desa. Untuk pengamanan tersebut sedikitnya 210 personel polisi ada melakukan pengamanan di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS). Selain itu ada tambahan personel sebanyak 87 orang untuk penebalan serta Bhabinkamtibmas di masing-masing desa yang menyelenggarakan Pilkel.

"Pengamanan Pilkel serentak se-Kabupaten Buleleng, dilakukan sejak kemarin (Sabtu) dan hari ini (Minggu). Personel yang dilibatkan melakukan pengamanan Pilkel di masing-masing Polsek jajaran sesuai plotingannya. Adapun Polsek yang wilayahnya melaksanakan Pilkel adalah Tejakula, Sawan, Singaraja, Banjar, Seririt, Busungbiu, Celukan Bawang dan Gerokgak," ujarnya.

Sebelum diterjunkan ke lokasi Pilkel, ratusan personel pengamanan tersebut disiapkan dalam apel. Pihaknya meminta personel yang bertugas agar menjaga disiplin dan tingkah laku saat melaksanakan pengamanan Pilkel serentak dan selalu berkoordinasi dengan aparat setempat jika ditemukan permasalahan yang berjenjang.

Seperti diketahui, 11 desa di Buleleng menggelar Pilkel serentak, yakni Desa Sembiran dan Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula; Desa Sangsit, Kecamatan Sawan; Desa Tukadmungga, Kecamatan Buleleng, Desa Dencarik dan Desa Sidetapa, Kecamatan Banjar. Selanjutnya, Desa Sepang Kelod, Kecamatan Busungbiu; Desa Pangkung Paruk, Kecamatan Seririt; Desa Banyupoh, Desa Tukad Sumaga dan Desa Musi, Kecamatan Gerokgak. 7mzk

Komentar