nusabali

Arema Dikawal Bonek, dan Takluk di Kandang Persebaya

  • www.nusabali.com-arema-dikawal-bonek-dan-takluk-di-kandang-persebaya

SURABAYA, NusaBali - Bonek, julukan suporter Persebaya Surabaya, Bonek, menunjukkan kedewasaannya dalam Derbi Jatim. Ya, mereka mengawal bus yang ditumpangi pemain Arema FC menuju Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Sabtu (23/9) siang.

Ya, Arema sendiri kalah 1-3 dari Persebaya, saat menjalani derbi Jatim laga pekan ke-13 Kompetisi BRI Liga 1 2023/2024. Namun laga berjalan aman. Tim Arema mendapat perlakuan yang menyenangkan dari Bonek.

Kondisi itu diluar ‘kebiasaan’ sebelumnya, dimana seluruh anggota tim Arema terpaksa menggunakan ‘rantis’ (kendaraan taktis) pihak kepolisian  untuk menuju kandang Persebaya, untuk menjaga keamanan pemain karena rivalitas kedua tim. Namun, kali ini pemain Arema cukup mengendarai bus.

Bahkan Bonek ikut mengiringi keberangkatan bus pemain Arema. Hal ini tentu saja jadi pemandangan yang tidak biasa karena Bonek memiliki hubungan yang belum mencair dengan Aremania hingga sekarang.

Setelah itu, bus pemain Arema mengakses jalan tol hingga masuk ke Stadion GBT, tak ada perlakuan buruk dari Bonek.
 
Bahkan saat pertandingan,  nyaris tak ada olok-olok dari Bonek kepada pemain Arema. Hal itu bisa jadi akibat dampak tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 yang menyebabkan 134 suporter Arema dan satu orang polisi tewas akibat berdesakan dan terjebak di dalam stadion, setelah polisi menembakkan gas air mata ke arah tribun penonton. Tragedi itu tampaknya mengakiri perseteruan Bonek dan Aremania (julukan supporter Arema).

Sementara itu, Derbi Jatim menjadi milik Persebaya saat menghajar rival bebuyutan, Arema FC 3-1. Gol tim Bajul Ijo diceploskan trio pemain asingnya, Bruno Moreria, Dusan Stevanovic, dan Ze Valente. Sedangkan gol Arema dicetan Dendi Sulistiawan. 

Tuan rumah Persebaya lebih banyak menekan. Mereka memecah kebuntuan pada menit ke-26 lewat Bruno Moreira. Arema hampir mencetak gol pada menit ke-34. Namun tendangan Dedik Setiawan yang lolos dari jangkauan kiper Persebaya, dapat dihalau bek Arief Catur.

Gempuran Persebaya tak berhenti sampai berakhirnya paruh pertama. Bek Dusan Stevanovic mengoyak jala gawang Arema usai menyambut crossing Moriera di pengujung babak pertama.

Babak kedua berjalan empat menit, Persebaya menambah keunggulan 3-0, melalui Ze Valente. Arema memperkecil skor 1-3 menit ke-64 lewat Dedik Setiawan menyambut umpan Dendi Santoso. Skor 3-1 untuk kemenangan tuan rumah bertahan sampai laga tuntas.

Kemenangan itu membawa Persebaya naik ke urutan lima klasemen sementara 21 poin. Sedangkan Arema masih di zona merah dengan 10 poin. *

Komentar