nusabali

Polsek Beri Bantuan Siswa Buku Bacaan

  • www.nusabali.com-polsek-beri-bantuan-siswa-buku-bacaan

AMLAPURA, NusaBali - Kapolsek Kubu, Karangasem, AKP Ida Bagus Astawa bersama jajaran menyalurkan bantuan buku bacaan untuk SDN 8 Tianyar dan SMP Negeri Satu Atap Tianyar, Kecamatan Kubu, Karangasem, Selasa (19/9). Bantuan ini untuk meningkatkan minat baca. Bantuan ini melalui program Polri Peduli Budaya Literasi.

Penyerahan 80 buku itu dihadiri Wakapolsek Kubu Iptu I Wayan Sutanaya, anggota Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Desa Tianyar Aiptu I Nyoman Tusan, di Banjar Paleg, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Karangasem. Dari pihak SD Negeri Tianyar, penerima bantuan adalah Kasek I Gede Artana Arianta dan Kasek SMP I Wayan Punia.

Kata AKP Ida Bagus Astawa, pendidikan literasi bertujuan membanyak ilmu pengetahuan karena siswa rajin membaca. Kecerdasan juga meningkat, wawasan bertambah, dan lebih banyak menguasai perbendaharaan kata. Setidaknya literasi, dimaksud yakni kemampuan menulis, membaca, dan menghitung. Literasi juga banyak macamnya, antara lain, literasi baca tulis, numerasi tentang angka-angka, literasi sains dengan cara memahami fenomena alam, literasi digital percakapan gunakan bahasa digital, literasi finansial menggunakan konsep, dan literasi budaya dan lain-lain.

Perbekel Tianyar I Ketut Wija mengapresiasi bantuan buku bacaan untuk SD dan SMP Satu Atap Tianyar, sehingga siswa termotivasi untuk lebih intensif membaca. “Dengan adanya bantuan buku bacaan yang baru, semangat membaca bertambah,” katanya.

Kasek SMP I Wayan Punia juga mengapresiasi bantuan buku bacaan itu, sehingga nantinya bermanfaat untuk 97 siswa. "Buku bacaan itu telah kami pajang di perpustakaan, agar siswa membacanya," jelas I Wayan Punia. SMP Satu Atap Tianyar memiliki 97 siswa, masing-masing kelas VII sebanyak 23 siswa, kelas VIII sebanyak 47 siswa dan kelas IX sebanyak 17 siswa, pendukungnya hanya dari Banjar Paleg, Desa Tianyar.

"Sebagai evaluasi dari pendidikan literasi hari ini (Selasa, red) hari terakhir mengikuti tes ANBK (assessment nasional berbasis komputer) melibatkan 45 siswa, dan 2 siswa cadangan kelas VIII," tambahnya.7k16

Komentar