nusabali

Pincang, Sananta dan Beckham Absen

Duel Indonesia vs Kirgistan di Asian Games, Selasa Malam

  • www.nusabali.com-pincang-sananta-dan-beckham-absen

Selain Sananta dan Beckham, Timnas U-24 juga tak bisa memakai kekuatan terbaik. Para pemain yang sejatinya dapat digunakan tenaganya, seperti Marselino Ferdinan, Elkan Baggott, Pratama Arhan tak bisa dipanggil.

HANGZhOU, NusaBali
Kondisi pincang dan tak ideal menimpa Timnas Indonesia U-24 jelang laga perdana Asian Games 2023 melawan Kirgistan, di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, Selasa (19/9) malam, pukul 19.30 Wita.

Ya, pelatih Indra Siafri memastikan dua pemain kuncinya, Ramadan Sananta dan Beckham Putra absen, dengan alasan berbeda. Sananta tak dilepas klubnya Persis Solo dan Beckham masih dililit cedera, meski dibawa ke China.

Beckham cedera usai tampi di Piala AFF U-23 2023 dan belum sembuh meski ikut latihan Timnas untuk Kualifikasi Piala Asia U-23. Beckham pun dicoret, namun dia tetap masuk skuad Timnas U-24 ke Asian Games.

"Kami diwajibkan memberikan 22 nama sejak sebulan yang lalu. Pemain tersebut sudah saya daftarkan dan tidak boleh diganti lagi. Saya sebagai pelatih tidak mungkin memainkan pemain yang cedera," kata Indra Sjafri.

Tantangan Timnas U-24 juga makin berat, setelah Persis tidak melepas Ramadhan Sananta karena sedang mengalami krisis penyerang tengah. 

Irfan Jauhari cedera usai di Piala AFF U-23. Arkhan Kaka juga harus ke Jerman bersama Timnas U-17. Sedangkan, Fernando Rodriguez pulang ke Spanyol karena alasan personal.

Beckham dan Sananta punya jam terbang tinggi bersama klub. Mereka juga punya banyak pengalaman bersama Timnas Indonesia. Kehilangan dua pemain tersebut sangat berdampak pada tim asuhan Indra Sjafri.

Menghadapi Kirgistan jadi laga perdana Timnas U-24 di Asian Games 2022, yakni di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua.

Indra Sjafri kaget saat mendengar Sananta tidak jadi berangkat ke China. Padahal, kartu identitas atlet Asian Games 2022 untuk Sananta sudah dicetak panitia. Kondisi itu membuat Timnas U-24 tak bisa mendaftarkan pemain lain untuk menggantikan posisi Sananta.

Indra Sjafri juga menyatakan Sananta sudah dibelikan tiket untuk berangkat ke Hangzhou. Namun, tiket itu harus hangus karena Sananta tidak jadi terbang.

Selain Sananta dan Beckham, Timnas U-24 juga tak bisa memakai kekuatan terbaik. Para pemain yang sejatinya dapat digunakan tenaganya, seperti Marselino Ferdinan, Elkan Baggott, Pratama Arhan tak bisa dipanggil.

Para pemain tersebut di atas dibutuhkan klub masing-masing. Apalagi, status Asian Games 2022 bukan turnamen resmi FIFA membuat klub tidak wajib melepas para pemainnya. Meski demikian, Indra Sjafri sebenarnya memiliki skuad yang cukup mumpuni. Para pemain yang saat ini ada di Timnas Indonesia U-24 memiliki pengalaman yang cukup bagus.

Apalagi Indra Sjafri diprediksi masih akan menggunakan formasi 4-2-3-1, karena memang memang menyukainnya. Titan Agung diprediksi akan menjadi pengganti Sananta sebagai penyerang tengah. Absennya Ramadhan Sananta membuat pelatih Indra Sjafri hanya memiliki satu penyerang murni di Timnas Indonesia U-24 pada Asian Games 2022. Sosok tersebut adalah Titan Agung. Namun Ramai Rumakiek dan Hugo Samir yang bisa diandalkan sebagai penyerang. 

Memainkan Titan Agung sebagai ujung tombak bukan tanpa risiko. Musim ini di BRI Liga 1, Titan Agung hanya tampil dua kali untuk Bhayangkara FC, yakni sekali pada Juli dan sekali pada Agustus.

Titan atau Hugo Samir akan ditopang dua winger Egy Maulana Vikri di kanan dan Ramai Rumakiek di kiri. 

Rachmat Irianto (24) jadi salah satu pemain senior yang dipakai Timnas U-24. Dia diperkirakan diplot menjadi gelandang mobil dan berduet dengan Alfeandra Dewangga. Keduanya mamu bertahan dengan baik meski dengan karakter yang berbeda. *

Jadwal Timnas U-24 di Grup F Asian Games:
Selasa (19/9), 19.30 WITA : Indonesia vs Kirgistan
Kamis (21/9), 16.00 WITA : Taiwan vs Indonesia
Minggu (24/9), 16.00 WITA : Korea Utara vs Indonesia

Komentar