nusabali

Ada Kesalahan Kecil, Indonesia Pun Tersingkir

Indra Sjafri Ucapkan Kasih kepada Pemain dan Klub

  • www.nusabali.com-ada-kesalahan-kecil-indonesia-pun-tersingkir

HANGZHOU, NusaBali - Langkah Timnas U-24 Indonesia terhenti di babak 16 besar Asian Games 2022. Tim Garuda Muda kalah 0-2 dari Uzbekistan dalam laga di Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou, Kamis (28/9) malam.

Timnas U-24 sebenarnya mampu memberikan perlawanan ketat dalam laga itu. Namun, Ernando Ari dkk tak lagi mampu menahan gawangnya dari kebobolan di babak extra time.

Pemain pengganti Uzbekistan, Sherzod Esanov mencetak gol pada menit ke-92 dan ke-120. Timnas U-24 juga harus bermain dengan 10 pemain karena Hugo Samir mendapatkan kartu kuning kedua.

Pelatih Timnas U-24 Indra Sjafri mengucapkan terima kasih kepada para pemainnya yang telah bekerja keras. Juga kepada para klub yang bersedia melepas para penggawa andalannya ke Asian Games 2022.

"Walau ini bukan agenda resmi FIFA tapi klub mau berkorban, sekali lagi terima kasih," ujar Indra Sjafri, dalam konferensi pers usai laga.

Indra Sjafri kemudian berbicara mengenai jalannya pertandingan. Dia merasa para pemain asuhannya telah berjuang dengan keras dalam laga itu.

"Pertandingan ini menjadi yang terakhir bagi Timnas U-24 di Asian Games 2022, terima kasih atas perjuangan para pemain di dua kali 45 menit mereka berjuang dan diakhiri perpanjangan waktu," ujar Indra Sjafri, dikutip bola.com.

Indra Sjafri kemudian menyebut ada beberapa kesalahan kecil yang bisa mempengaruhi hasil laga. Sialnya itu terjadi di momen-momen krusial. Padahal, katanya, pertandingan berjalan sesuai game plan yang dirancang. Namun ada kesalahan kecil yang membuat tim kebobolan.

Bahkan Ramadhan Sananta sempat mencetak gol pada babak kedua extra time. Namun, gol itu dianulir karena wasit menganggap Sananta sudah ada di posisi offside.

Indra Sjafri mengaku belum tahu apakah Ramadhan benar-benar ada di posisi offside atau tidak. Indra menyerukan adanya VAR di Asian Games 2022.

"Dan juga jujur sampai sekarang kami tidak tahu mengapa gol kami tadi dianulir oleh wasit, apakah offside, tentu event sebesar ini ada VAR agar valid keputusannya ofside atau tidak," kata Indra Sjafri. 

Statistik menarik muncul dari kegagalan Indonesia di Asian Games 2022 ini. Fakta dalam tiga laga terakhir atau total 300 menit, anak asuh Indra Sjafri gagal cetak gol, yakni saat dikalahkan Taiwan 0-1 (90 menit), dikandaskan Korea Utara 0-1 (90 menit), dan disingkirkan Uzbekistan 0-2 (90 menit plus 30 menit waktu tambahan).

Kali terakhir Indonesia mencetak gol saat menang atas Kirgistan 2-0. Saat itu dua gol dicetak Ramai Rumakiek menit ke-58 dan Hugo Samir menit ke-92. Ironisnya, Hugo Samir mengakhiri laga kontra Uzbekistan dengan kena kartu merah. *


Statistik Uzbekistan - Indonesia 
Penguasaan bola : 56% - 44%
Total tembakan : 28 – 7
Tembakan ke gawang : 12 – 2
Jumlah umpan : 396/484 – 306/416
Akurasi umpan : 81% - 73%
Kreasi Peluang : 14 – 3
Umpan : 3/14 – 0/7
Tekel : 15 – 35
Intersep : 33 – 22

Komentar