nusabali

Bambu Petung Laris Manis di Luar Negeri

  • www.nusabali.com-bambu-petung-laris-manis-di-luar-negeri

DENPASAR, NusaBali- Bambu petung ternyata cukup diminati di luar negeri. Salah satu pangsa pasarnya adalah Maladewa, sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Hindia, di selatan Sri Lanka dan India.

Namun bambu petung yang dilirik luar negeri bukan bambu biasa, tetapi berukuran besar. Garis tengahnya bahkan mencapai sekitar 20-25 centimeter.

Ni Kadek Udiyani, seorang tukang ‘suting’ dari Banjar Kebon Kaja, Desa Belega, Blahbatuh, Gianyar, Jumat (15/9) mengatakan untuk menghasilkan bambu petung yang kuat ada beberapa proses yang harus dilakukan, yakni membersihkan atau mencuci bambu petung tersebut. “Ini baru sekali, nanti ada proses treatment lagi agar kuat dan awet,” ujarnya.

Dikatakan bambu petung akan dijadikan bangunan dan dikirim luar negeri, salah satunya ke Maladewa untuk pariwisata. “Nggih banyak yang dikirim ke sana (Maladewa),” tambahnya.

Sementara, Nyoman Asmara, salah seorang tokoh masyarakat di Belega, mengatakan bambu petung memang banyak peminatnya di luar negeri. Menurut dia, bambu petung yang dikirim biasanya dalam bentuk batangan, namun sudah ditreatmen. “Nanti tukang yang datang ke sana untuk merancang,” katanya.

Biasanya bambu petung digunakan untuk bangunan restoran, vila dan lainnya. Selain ke Maladewa, bambu petung untuk fasilitas wisata ini juga dikirim ke Thailand dan Afrika. 7 k17

Komentar