nusabali

Arakan Api Porprov Disemayamkan di Lima Kabupaten

  • www.nusabali.com-arakan-api-porprov-disemayamkan-di-lima-kabupaten

Pengarakan api Porprov akan dimulai pada 12 September dan kembali finish di Kabupaten Gianyar pada 16 September. Pengarakan memakan waktu 5 hari, sebelum dinyalakan pada acara pembukaan.

DENPASAR, NusaBali
Arak-arakan api Porprov Bali meramaikan pesta olahraga di Pulau Dewata. Dalam rangkaikan kegiatan itu, api Porprov akan ‘bermalam’ atau disemayamkan lima kali di ibukoa kabupaten berbeda.

Demikian ditegaskan Wakil Ketua Umum I Bidang Hukum dan Organisasi Gusti Ngurah Oka Darmawan, didampingi Wakil Ketua Umum II KONI Bali Bidang Prestasi Maryoto Subekti. Darmawan  memastikan pengarakan api Porprov itu akan dimulai pada 12 September dan kembali finish di Kabupaten Gianyar pada 16 September.

"Pengarakan Api Porprov memang terhitung 5 hari. Dan, sempat disemayamkan juga terhitung 5 hari, sebelum dinyalakan kembali pada pembukaan Porprov di Stadion Kapten Wayan Dipta Gianyar," ucap Oka Darmawan di KONI Bali, Jumat (7/7).

Menurut Oka Darmawan, pengarakan Api Porprov dimulai dari Pura Hyang Api Payangan Gianyar kemudian menuju Denpasar dan Tabanan, dan akhirnya disemayamkan di Tabanan. Sehari berikutnya, dari Tabanan dilanjutkan ke Jembrana langsung Singaraja. Di Singaraja disemayamkan sehari.

Keesokan harinya dari Singajara menuju Kabupaten Karangasem dan Klungkung. Di Klungkung kembali disemayamkan selama satu hari. Kemudian tanggal 16 September, dari Klungkung menuju Bangli dan langsung ke Kabupaten Gianyar.

"KONI Kabupaten/Kota sudah disepakati dari konsep awal seperti itu. Termasuk berapa jam diarak dan seterusnya, termasuk penunggu untuk diarak kembali. Yang menerima api Porprov itu memang Bupati, minimal wakil Bupati. Dan, hal tersebut sudah dikonfirmasikan ke Pemerintahnya masing-masing," terang Oka Darmawan.

Kata Darmawan, untuk selanjutnya pada 17 September dilakukan upacara pembukaan Porprov. "Untuk pengarakan api Porprov sudah tidak ada masalah," tegas Oka Darmawan.

Sedangkan soal venue, dari hasil laporan sudah persiapan sampai 80 persen dari panitia induk Porprov. Dan, sudah dilaporkan ke Pak Gubernur. Bahkan, untuk pembukaan Porprov dijadwalkan akan dibuka Gubernur Bali, Made Mangku Pastika. Dimana, proses undangan dimulai pukul 18.00 Wita di Stadion Dipta Gianyar.

"Termasuk bantuan dari Provinsi ke Kabupaten Gianyar melalui KONI Bali tetap hibahnya Rp 5,1 miliar. Dan, kami yakin tuan rumah Gianyar sudah berbenah dari hasil evaluasi untuk persiapan Porprov," papar Oka Darmawan. *dek

Komentar