nusabali

Kadek Wahyu Raih Tiket PON

  • www.nusabali.com-kadek-wahyu-raih-tiket-pon

JAKARTA, NusaBali - Pesilat Bali I Kadek Wahyu Rihartana Giri di kelas G meraih tiket PON 2024 Sumatera Utara-Aceh.

Tiket tersebut diraih, setelah Kadek Wahyu masuk tiga besar Kejurnas Pra PON di Auditorium UMS, Solo, Jawa Tengah, pada 11-13 September 2023. Peraih medali perak Kejuaraan Dunia Pencak Silat di Melaya, Malaysia pada Juli 2022 itu pun merasa senang lolos ke pesta olahraga multi even nasional empat tahun sekali itu.

"Astungkara, saya lolos PON 2024. Perasaan saya juga senang bisa merebut tiket ke PON," ujar Kadek Wahyu usai bertanding, Rabu (13/9) malam. 

Wahyu mengatakan, di kelasnya terbagi dua pool A dan B. Wahyu di pool A dan mendapat jatah tiga tiket ke PON 2024, sehingga harus masuk tiga besar. Sedangkan pool B tersedia empat tiket. Di babak pertama, Wahyu mengalahkan pesilat Jambi dan di babak kedua menaklukan pesilat Kalimantan Tengah.

Lalu di semifinal, Kadek Wahyu menang dari pesilat Sumatera Selatan. Di final, dia bertemu pesilat Igi Rangga dari Jawa Barat. Namun, Wahyu mengundurkan diri dari final pada Rabu malam (13/9). Hal itu karena Wahyu merasa masuk tiga besar dan tiket ke PON 2024 sudah di tangan. 

Dengan mengundurkan diri itu, kata Wahyu, dirinya dapat menghindari cedera saat bertanding. Wahyu pun menganggap itu menjadi bagian dari strategi. Karena itu, Wahyu tidak terlalu kecewa dengan keputusan tersebut.
 
"Tujuan Kejurnas Pra PON adalah mencari tiket, bukan mencari juara," kata Wahyu. 

Pada Pra PON 2019, Wahyu mendapatkan medali perunggu.  Namun, saat PON 2021 Papua, Wahyu mampu mempersembahkan medali emas bagi Pulau Dewata. Wahyu pun berharap pada PON 2024 nanti mampu prestasi dengan meraih emas lagi. k22

Komentar