nusabali

Dito Ariotedjo: Momentum Lahirnya Sepakbola Indonesia ke Kancah Dunia

  • www.nusabali.com-dito-ariotedjo-momentum-lahirnya-sepakbola-indonesia-ke-kancah-dunia

JAKARTA, NusaBali - Pemerintah dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) bersinergi untuk menyukseskan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 yang akan berlangsung di Indonesia pada 10 November-2 Desember mendatang.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menyalurkan bantuan pemerintah sebesar Rp399,5 miliar untuk pemusatan latihan nasional (pelatnas) tim nasional Indonesia U-17 dan penyelenggaraan FIFA World Cup U-17 2023.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan, bantuan pemerintah ini merupakan bentuk dukungan pemerintah untuk meningkatkan prestasi sepakbola Indonesia di kancah dunia. "Ini dana dengan angka yang besar dan sudah pasti kita mengedepankan transparansi dan akuntabilitas yang harus dijaga bersama. Saya harap dengan dana yang digelontorkan untuk penyelenggaraan u-17, bisa berdampak ke prestasi sepakbola dan pasti untuk menaikkan kembali kepercayaan internasional untuk Indonesia di mata dunia. Semoga ini adalah lahirnya momentum sepak bola Indonesia ke kancah dunia," kata Menpora Dito dalam konferensi pers, Selasa (12/9).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut baik bantuan pemerintah ini. Ia mengatakan, bantuan ini akan digunakan untuk mendukung persiapan timnas Indonesia U-17 menghadapi Piala Dunia U-17. "Tentu momen ini sudah ditunggu-tunggu bersama ketika pemerintah bersama pimpinan olahraga bersatu dan memberikan yang terbaik buat bangsa dan negara," kata Erick Thohir.

Erick Thohir juga memastikan PSSI akan melibatkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mendampingi pengelolaan dana bantuan pemerintah ini. "Kami harus pertanggung jawabkan (anggaran). Karena itu sejak awal kami melibatkan dari auditor BPKP untuk mendampingi. Apalagi persiapan (FWC U-17) ini kan tinggal 59 hari lagi. Jangan sampai persiapan ini tidak maksimal, karena ini kan panggung sepakbola kita di dunia," kata Erick Thohir. 7ant

Komentar