nusabali

Gebuk Irlandia, Belanda Cetak Hattrick Kemenangan

  • www.nusabali.com-gebuk-irlandia-belanda-cetak-hattrick-kemenangan

DUBLIN, NusaBali - Belanda mengalahkan tuan rumah Irlandia 2-1, dalam laga Grup B kualifikasi Piala Eropa 2024, di Aviva Stadium, Dublin, Senin (11/9) dinihari WITA. Hasil itu hattrick kemenangan Tim Oranye, sekaligus comeback usai tertinggal lebih dulu. Kemenangan itu juga menandai kembangkitan Belanda sejak kembali ditangani Ronald Koeman.

Berkat kemenangan itu Belanda bertahan di posisi kedua Grup B di bawah Prancis. Belanda memiliki koleksi poin yang sama dengan tim peringkat ketiga Yunani. Yunani sendiri memainkan satu laga lebih banyak dan menang besar 5-0 atas Gibraltar.

Dalam laga itu, Irlandia unggul cepat lewat penalti Adam Idah di menit 4, tapi Belanda mampu membalikkan keadaan. Cody Gakpo menyamakan skor melalui eksekusi penalti di menit 19, kemudian Wout Weghorst memastikan kemenangan dengan golnya di menit 56.

Dengan hasil ini, berarti Belanda sukses meraih tiga kemenangan beruntun di Grup B. Setelah kalah 0-4 dari tuan rumah Prancis pada laga pertama, Belanda berturut-turut menundukkan Gibraltar 3-0, Yunani 3-0, dan Irlandia 2-1. Dalam tiga laga yang mereka menangi itu, Belanda mencetak total delapan gol dan hanya kebobolan satu gol.

Belanda dikejutkan gol Irlandia pada menit kelima, yang didapat melalui eksekusi penalti Adam Idah. Penalti itu diberikan wasit karena tangan Virgil van Dijk dinyatakan mengenai bola di kotak terlarang.

Namun momentum Irlandia meredup pada menit ke-19, saat kesalahan Matt Doherty membuat Denzel Dumfries dijatuhkan kiper tuan rumah Gavin Bazunu di kotak terlarang.

Cody Gakpo menjadi eksekutor penalti Belanda, dan pemain Liverpool itu tidak membuang peluang menyamakan kedudukan. Gol itu sekaligus menjadi yang kedua bagi Gakpo pada jeda internasional kali ini.

Kiper Irlandia Bazunu melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan peluang Donyell Malen sebelum turun minum. Namun Belanda berbalik unggul pada menit ke-56 saat Wout Weghorst menyambut umpan sundulan Dumfries untuk dikonversi menjadi gol penentu kemenangan.

Irlandia gagal mengemas gol balasan, dan tetap menghuni peringkat keempat di klasemen grup. Mereka tertinggal enam poin dari Belanda dengan tiga pertandingan tersisa.

Sementara Denmark mengambil langkah besar dapat lolos dari Grup H, berkat keberhasilan menaklukkan tuan rumah Finlandia 1-0. Gol kemenangan Denmark dicetak Pierre-Emile Hojgjerg pada menit ke-86.

Denmark kini unggul satu poin atas lawannya itu di posisi dua besar, selevel dengan Slovenia yang menang 4-0 atas San Marino.

Empat tim teratas di Grup H hanya terpisahkan satu poin, setelah Kazakhstan menjaga peluang mereka lolos ke turnamen utama untuk pertama kalinya dengan kemenangan 1-0 atas Irlandia Utara.

Di tempat lain, Aleksandar Mitrovic mengemas trigol pada babak pertama ketika Serbia menang 3-1 atas Lithuania untuk menjaga peluang tampil di putaran final tahun depan. ant

Komentar