nusabali

Indonesia Kalahkan Turkmenistan 2-0

  • www.nusabali.com-indonesia-kalahkan-turkmenistan-2-0

SURABAYA, NusaBali - Timnas Indonesia mengalahkan Turkmenistan 2-0 dalam FIFA Matchday September 2023, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9) malam.

Dua gol kemenangan Indonesia dicetak Dendy Sulistyawan di babak pertama, dan Egy Maulana Vikri saat injury time babak kedua. Kemenangan ini membuat Garuda Nusantara mendapatkan tambahan poin yang berharga untuk peringkat FIFA.

Pelatih kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong memainkan formasi 3-4-3, dimana Sandy Walsh sebagai bek tengah kanan. Kesempatan itu jadi debut Sandy Walsh yang selalu gagal dalam dua FIFA Matchday sebelumnya pada Maret dan Juni 2023 akibat cedera.

Shin Tae-yong juga kembali memasang Nadeo Argawinata di bawah mistar gawang, sesudah tidak dipanggil pada FIFA Matchday Juni 2023.

Pemain lainnya yang comeback ke Timnas dan menjadi starter adalah Adam Alis, yang diplot sebagai winger kiri. Namun Shin mencadangkan Egy Maulana Vikri, yang kembali ke Timnas. Stefano Lilipaly juga duduk di bench. Bek kanan Asnawi Mangkualam (24) menjadi kapten menggantikan Fachruddin Aryanto yang tidak sebagai starter. 

Laga kedua tim berlangsung sengit, sama-sama tampil menekan sejak awal laga. Peluang pertama justru lahir dari tendangan keras Ballakov Velmyrat yang ditepis Nadeo sehingga berbuah sepak pojok.

Perlahan tapi pasti, skuad Garuda meningkatkan intensitas serangan. Hasilnya di menit ke-19, Indonesia membobol gawang Turkmenistan melalui tembakan Dendy Sulistyawan dari luar kotak penalti. Skor 1-0 untuk keunggulan skuat Garuda. Gol itu membuat Turkmenistan meningkatkan serangan. Namun Indonesia juga menebar ancaman, terutama lewat Saddil Ramdani. Namun skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Saat jeda, Shin Tae-yong membuat pergantian. Alfeandra Dewangga ditarik keluar dan digantikan Egy Maulana Vikri. Masuknya Egy membuat permainan Indonesia lebih cair. Namun Turkmenistan menunjukkan pertahanan rapat di babak kedua.

Turkmenistan menciptakan peluang berbahaya melalui tendangan bebas Tirkishov Shanazar, namun bola mengenai tangan Nadeo dan membentur mistar gawang, sehingga gagal jadi gol.

Turkmenistan kian percaya diri dalam menggempur Indonesia. Pemain pengganti Charyyev Temur dua kali melepaskan tembakan ke gawang Indonesia, yang pertama digagalkan Nadeo dan kedua melebar.

Memasuki masa injury time, Indonesia mengunci kemenangan. Menerima Lilipaly, Egy mengecoh barisan pertahanan Turkmenistan lalu melepaskan tembakan keras mendatar yang menjebol gawang Turkmenistan. Turkmenistan nyaris memperkecil kedudukan melalui skema tendangan bebas, namun Nadeo berhasil mematahkan peluang tersebut. Skor 2-0 pun menutup FIFA Matchday September 2023 itu. *

Komentar