nusabali

Bank BPD Bali Sabet 3 Penghargaan

Ajang Top GRC Award 2023

  • www.nusabali.com-bank-bpd-bali-sabet-3-penghargaan

JAKARTA, NusaBali - Bank BPD Bali kembali meraih penghargaan dalam ajang Top GRC Award 2023 yang penyelenggaraannya diinisiasi oleh majalah Top Business.

Majalah Top Business bekerjasama dengan Asosiasi GRC Indonesia, IRMAPA (Indonesia Risk Management Professional Association), ICoPI (Institute Compliance Professional Indonesia), dan PaGi (Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia), serta didukung oleh beberapa perusahaan konsultan Bisnis, dan GRC serta Akademisi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Padjadjaran Bandung.

Penghargaan yang diterima Bank BPD Bali adalah TOP GRC Awards 2023 # 5 Stars, The Most Committed GRC Leader 2023 yang diperuntunkan khusus kepada Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, S.H., M.H dan The High Performing Compliance Director on GRC yang diberikan kepada Direktur Kepatuhan Bank BPD Bali, Drs. I Wayan Sutela Negara, M.M pada 6 September 2023 di Hotel Raffles Jakarta.

Kegiatan tahunan TOP GRC Awards merupakan kegiatan pembelajaran bersama tentang Governance, Risk, & Compliance (GRC) sekaligus apresiasi atau pemberian penghargaan kepada perusahaan yang dinilai berkinerja baik dan telah menerapkan GRC dalam pengelolaan usaha bisnisnya.

Ketiga penghargaan yang diterima oleh Bank BPD Bali didasarkan pada penilaian yang dilakukan secara objektif dan independen oleh Tim Penilai dan Dewan Juri, yang diawali dari penilaian GCG dari lebih 900-an Perusahaan di Indonesia.

Diraihnya penghargaan tersebut membuktikan Bank BPD Bali dinilai telah memiliki kelengkapan Sistem dan Infrastruktur GRC yang baik dan berhasil dalam hal implementasi GCG, Risk Management, dan Compliance Management untuk mendukung tumbuhnya bisnis secara berkelanjutan.

Untuk mendapatkan penghargaan level bintang 5 seperti yang diraih Bank BPD Bali, dewan juri menerapkan tambahan kriteria yang cukup ketat. Tidak hanya kriteria sistem, infrastruktur, dan implementasi GRC yang baik saja, namun harus ada aspek-aspek/hal-hal yang terkait GRC, yang dapat dijadikan contoh atau dapat menjadi benchmark bagi perusahaan lain. Jadi, dalam hal-hal tertentu, GRC Level Bintang 5 yang diraih Bank BPD Bali dapat dijadikan benchmark bagi perusahaan - perusahaan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Kepatuhan Bank BPD Bali, Drs. I Wayan Sutela Negara, M.M. yang hadir menerima ketiga penghargaan tersebut menyatakan prestasi yang diraih oleh Bank BPD Bali saat ini akan menambah semangat untuk konsisten menerapkan prinsip GRC di Bank BPD Bali terutama dalam mengejar pertumbuhan yang berkelanjutan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi guna meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan.

“Komitmen implementasi tata kelola perusahaan yang baik ini juga sejalan dengan fokus Bank BPD Bali yang salah satunya menjadi garda terdepan dalam upaya penyelamatan sektor UMKM dan peran strategisnya dalam membantu pemerintah mendorong pemulihan ekonomi Indonesia, khususnya di Bali pasca pandemi” tutupnya.

Dalam prosesnya, Bank BPD Bali memiliki kinerja positif dan mencerminan kondisi bank yang secara umum sehat. Self assessment terhadap Tingkat Kesehatan Bank posisi Juni 2023 memperoleh peringkat 2 (dua) yang mencerminkan kondisi Bank yang secara umum sehat, sehingga dinilai mampu menghadapi pengaruh negatif yang signifikan dari perubahan kondisi bisnis dan faktor eksternal lainnya.

Bank BPD Bali aktif melakukan sinergi bisnis yaitu interoperability dengan melalui kerja sama bisnis dengan menerapkan transaksi pembayaran digital bagi UMKM, BPR, Koperasi, LPD, merchant, e-commerce, serta pihak ketiga untuk menunjang pendapatan di sisi fee based income.
Tak hanya itu, Bank BPD Bali selalu mengedepankan digital culture untuk meningkatkan kinerja dan penguatan budaya kerja serta meningkatkan corporate branding untuk mengakomodir tren perubahan pasar pasca pandemi Covid-19.

Untuk mendukung transformasi digital di daerah secara end to end, Bank BPD Bali juga sudah melakukan transformasi digital, di antaranya Digiloan dan E-money Balipay. Selain telah membangun interkoneksi dengan Pemda, bank ini juga telah interkoneksi dengan Bali Mall, Gopay, Indomaret, Finnet, Semeton dan Pos Indonesia.

Hal tersebut membuktikan Bank BPD Bali terus melakukan percepatan dalam mendorong pengembangan inovasi teknologi informasi untuk transaksi digital dan penguatan ekosistem digital, seperti halnya meluncurkan produk dan aktivitas yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah.
Pemanfaatan teknologi TI/digital terkait GRC ini bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas implementasi GRC, termasuk update profil risiko secara berkala, dan aspek-aspek penerapan integrated GRC lainnya.7

Komentar