nusabali

Perwatusi Canangkan Gerakan Melawan Osteoporosis

  • www.nusabali.com-perwatusi-canangkan-gerakan-melawan-osteoporosis

GIANYAR, NusaBali - DPD Perkumpulan Warga Tulang Sehat (Perwatusi) Provinsi Bali mencanangkan gerakan melawan osteoporosis di Alun-alun Kota Gianyar, Jumat (1/9). Gerakan ini ditandai dengan senam bersama. Pegawai di lingkungan Pemkab Gianyar sudah tiba di lokasi acara sejak subuh. Masyarakat umum juga memadati alun-alun.

Ketua DPD Perwatusi Provinsi Bali I Gusti Ayu Rai Widowati mengatakan antusias masyarakat Gianyar lebih meriah daripada acara serupa yang digelar di Provinsi Bali. “Terlihat sekarang ada lebih dari 1.500 peserta senam yang hadir pada saat ini memenuhi Alun-alun Kota Gianyar. Luar biasa, lebih meriah daripada yang dilakukan oleh Provinsi Bali yang dicanangkan oleh Gubernur Bali pada tanggal 22 Juli tahun 2023,” ujar Gusti Ayu Rai.

Dikatakan, pencanangan Gerakan Gianyar melawan osteoporosis merupakan program dari DPD Perwatusi. "Kabupaten Gianyar menjadi yang pertama mencanangkan gerakan daerah melawan osteoporosis,” ujar Gusti Ayu Rai didampingi Ketua Perwatusi Gianyar AA Eka Dharma Kusuma. Turut hadir Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra selaku pelindung organisasi bersama Ny Ida Ayu Diana Dewi Agung Mayun selaku pembina. 

Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun mengajak seluruh komponen masyarakat Gianyar dari berbagai lapisan usia untuk bersama-sama melakukan tindakan preventif melawan osteoporosis. “Kita perlu meningkatkan kesadaran pentingnya konsumsi makanan yang kaya kalsium dan vitamin D serta menjaga pola hidup sehat dengan rutin berolahraga,” ujar Wabup Agung Mayun.

Wabup Agung Mayun menekankan bahwa gerakan melawan osteoporosis bukanlah semata-mata tanggung jawab pribadi. “Saya mengajak semua pihak termasuk lembaga pendidikan, rumah sakit, komunitas, dan media untuk mendukung dan menyebarkan informasi mengenai gerakan ini. Kita dapat berkolaborasi untuk mengadakan berbagai kegiatan guna meningkatkan pemahaman tentang osteoporosis,” tegasnya. 
 
Wabup Agung Mayun meyakini dengan tekad dan komitmen bersama, dapat mencegah dan mengurangi dampak buruk osteoporosis di kalangan masyarakat. “Mari jadikan Kabupaten Gianyar sebagai contoh gerakan kesehatan yang sukses, setiap individu memiliki peran penting menjaga kesehatan tulang dan mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik,” seru Wabup Agung Mayun. 7 nvi

Komentar