nusabali

Kesiapan Pencari Kerja Memasuki Industri Kerja

Disnaker Gianyar Gelar Talk Show di Alun-alun Kota Gianyar

  • www.nusabali.com-kesiapan-pencari-kerja-memasuki-industri-kerja

GIANYAR, NusaBali - Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar menyelenggarakan talk show bagi pencari kerja yang datang ke job fair di Alun-alun Kota Ginyar. Talk show dengan tema ‘Kesiapan Pencari Kerja Memasuki Industri Kerja’ diselenggarakan pada Selasa (16/4) sore.

Acara dibuka oleh Sekda Gianyar I Dewa Alit Mudiarta mewakili Pj Bupati Gianyar. Disnaker Gianyar menghadirkan empat narasumber yakni Sigit Ary Prasetyo, AA Gede Indra, Ishara Simon, dan I Ketut Yudiana.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Gianyar mengatakan job fair dan bazzar TKM merupakan implementasi Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Dinas Tenaga Kerja dalam upaya mengembangkan SDM yang berintegritas dan memiliki daya saing tinggi. Tujuannya, memperluas akses kesempatan kerja di dalam dan di luar negeri pada sektor formal. Di sektor informal untuk menumbuhkembangkan bakat dan minat masyarakat berwirausaha. Harapannya, generasi muda sebagai pencari kerja memanfaatkan job fair dan bazzar TKM untuk mendapatkan pekerjaan sesuai minat, bakat, dan kompetensi yang dimiliki. Dapat menumbuhkembangkan jiwa entrepreneur dalam mengembangkan bakat dan minat berwirausaha. 

Kadis Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali, Ida Bagus Setiawan, mengatakan Pemprov Bali sangat mengapresiasi kegiatan ini untuk membangun infrastruktur di bidang ketenagakerjaan. Job fair memberikan informasi dan kesempatan kepada masyarakat mendapatkan lowongan pekerjaan sesuai minat dan bakatnya. “Kabupaten Gianyar bisa dibilang sebagai pelopor job fair atau bursa kerja untuk daerah Bali, karena belum semua yang mengadakan acara seperti ini di daerahnya masing-masing,” ujar Ida Bagus Setiawan.

Kadis Tenaga Kerja Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani, mengatakan pengangguran menjadi salah satu masalah serius yang dihadapi hampir di setiap wilayah. Kabupaten Gianyar terus berupaya menekan angka pengangguran, salah satunya dengan melaksanakan job fair. “Tujuan fob fair mempertemukan secara langsung pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja atau perusahaan,” jelas Dayu Surya sapaan akrab Kadisnaker Gianyar.  Dari tanggal 14 April sampai hari ini pengunjung sebanyak 846. 

“Kami menghadirkan empat narasumber dalam talk show yakni Sigit Ary Prasetyo selaku Koordinator Jejaring dan Kemitraan Pusat Kerja, AA Gede Indra selaku Kepala BP3MI Bali, Ishara Simon (Baby Moon) selaku Content Creator Tiktok, dan I Ketut Yudiana selaku Pengawas Kerja Ahli Madya,” ungkap Dayu Surya. Di akhir acara ada penyerahan penghargaan kepada perusahaan yang telah memiliki peraturan perusahaan dan kepatuhan syarat norma kerja perusahaan. Penyerahan kartu kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada pekaseh subak Gede Sukawati. @ nvi

Komentar