nusabali

Dukung Upaya Penanganan Stunting

Menteri Bintang Puspayoga Sosialisasi 'Gemarikan' di Serangan

  • www.nusabali.com-dukung-upaya-penanganan-stunting

DENPASAR, NusaBali - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga turun ke acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kelurahan Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Sabtu (26/8).

Pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai upaya mendukung penanganan stunting dan memenuhi hak anak atas kesehatan dengan pemberian ikan, demo memasak ikan dan edukasi.


Bintang Puspayoga didampingi Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara dan sejumlah tokoh masyarakat. Bintang Puspayoga mengatakan, permasalahan stunting saat ini memang menjadi tantangan di Indonesia. Kata dia, penanganannya juga harus dilakukan sacara komprehensif. “Sinergi dan kolaborasi akan menjadi kunci penting dalam penangannya dan mendasari pelaksanaan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kelurahan Serangan ini,” ujar istri dari tokoh gaek PDI Perjuangan Bali Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga ini.

"Kami melihat di Pulau Serangan ini kaya dengan makanan hasil laut khususnya ikan. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat mendukung pemenuhan hak anak atas makanan sehat, melalui pemenuhan gizi, pola asuh dan sanitasi, untuk mendukung pertumbuhan otak anak mencegah stunting secara berkelanjutan," ujar mantan birokrat di Pemkot Denpasar ini.

Bintang Puspayoga berharap, sosialisasi ini dapat menjadi terobosan dalam mendukung pola hidup sehat. Sehingga ilmu yang didapat dalam pelaksanaan edukasi dan sosialisasi ini dapat diketoktularkan kepada seluruh masyarakat.  "Mari kita bergandengan tangan, bersinergi dan berkolaborasi dalam mendukung penanganan isu-isu perempuan anak dengan baik, sehingga dapat mewujudkan perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia Maju," ujar Bintang Puspayoga.


Sementara  Walikota Jaya Negara menyambut baik kunjungan dan dukungan terhadap pelaksanaan Gemarikan di Kelurahan Serangan, Kota Denpasar. Jaya Negara berharap, sinergitas dan kerjasama yang baik ini agar terus berlanjut. Mengingat stunting merupakan permasalahan yang memerlukan kerjasama semua pihak dalam penangannya. “Sehingga, sosialisasi ini sangat baik untuk dilaksanakan, mengingat ikan merupakan salah satu komoditi yang mudah dicari dan memiliki gizi yang baik dalam mendukung tumbuh kembang anak,” ujar Jaya Negara. mis

Komentar