nusabali

Alas Kedaton Bangun Coffee Shop

  • www.nusabali.com-alas-kedaton-bangun-coffee-shop

TABANAN, NusaBali - Objek wisata Alas Kedaton, di Desa Kukuh, Kecamatan Marga bakal berbenah. Agar bisa tampil kekinian dan menjadi favorit wisatawan, akan dibangun coffee shop. Pembangunan ditarget 2024 seiring dengan mulai dilakukan penataan.

Seperti diketahui sekarang, Alas Kedaton belum bisa menjadi kunjungan primadona. Ada ratusan kios yang berdiri namun sebagian besar tutup. Manajemen pun memberlakukan sistem gantian dimana pemilik toko diminta langsung menghandle wisatawan sekalian membuka toko. 

Manajer DTW Alas Kedaton I Wayan Sudarma mengatakan penataan dilakukan dengan tujuan mempercantik kawasan. Apalagi melihat perkembangan sekarang di DTW Alas Kedaton tak mungkin hanya menjual souvenir saja. "Ada memang rencana kita untuk melakukan penataan, salah satunya akan dibangun coffee shop supaya kekinian," akunya, Rabu (23/8)

Terkait rencana itu menurut dia akan dilakukan koordinasi dengan adat melihat Alas Kedaton ini berada di bawah naungan Desa Adat. Minimal dengan dilakukan penataan Alas Kedaton menjadi tempat favorit khususnya menjadi tongkrongan anak muda. "Ketika nanti coffee shop telah dibangun, kios yang ada sekarang masih tetap berjalan, namun kios akan ditata menjadi kekinian," kata Sudarma. 

Dia menambahkan rencana ini ditarget dilaksanakan tahun 2024. Nantinya pelaksanaanya pun akan dikerjasamakan dengan BUMDes. "Jadi sekarang masih berproses untuk hal ini, supaya tahun 2024 bisa segera berproses," katanya. 

Untuk saat ini kunjungan wisatawan ke Alas Kedaton tahun 2023 sudah menggeliat. Per hari sudah tembus 100-150 orang. Banyaknya wisatawan mulai berkunjung terlihat di awal tahun 2023. "Mudah-mudahan dengan dilakukan penataan wisatawan semakin menggeliat. Apalagi sekarang Alas Kedaton mendapat Juara I Nasional kategori Warna Warni Wisata," harapnya. 7des

Komentar