nusabali

Jelang Piodalan, FKUB Mapunia Wastra di Pura Jagatnatha

  • www.nusabali.com-jelang-piodalan-fkub-mapunia-wastra-di-pura-jagatnatha

AMLAPURA, NusaBali - Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama  (FKUB) Karangasem Dr Ni Nengah Rustini, menghaturkan punia wastra (busana untuk palinggih) 12 gulung. Punia ini serangkaian jelang piodalan di Pura Jagatnatha Karangasem, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Minggu (20/8).

Piodalan pada Purnama Katiga, Wraspati Wage Pujut, Kamis (31/8). Pioadalan akan diawali upacara Melasti ke Segara Ujung, Banjar Ujung Pesisi, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem pada Buda Pon Pujut, Rabu (30/8).

Ketua FKUB Rustini mengatakan, FKUB tergerak ngayah untuk memotivasi umat sedharma agar ikut ngayah, terutama saat upacara Melasti ke Segara Pantai Ujung Pesisi, agar lebih ramai. Saat Melasti itu memerlukan banyak pangayah, untuk mengusung beragam atribut suci, upakara, pratima dan pralingga."Sambil ngayah, juga FKUB ngaturang kain 12 gulung beragam warna sesuai kebutuhan," jelas Dr Rustini.

Ketua Panitia I Putu Arnawa yang menerima punia wastra itu, bersama Sekretaris I Wayan Witrawan mengapresiasi semangat FKUB Karangasem turut aktif ngayah jelang piodalan. Arnawa menambahkan, rangkaian upacara sebelum puncak piodalan, Nuwur Ida Bhatara Tirtha ke Pura Kahyangan Jagat pada Soma Umanis Pujut, Senin (28/8), Nedunang Ida Bhatara berlangsung hari itu juga, Anggara Paing Pujut, Selasa (28/8) pukul 15.00 Wita.

Ida Bhatara nyejer selama empat hari. Selama Ida Bhatara nyejer, hanya melaksanakan upacara Nganyarin dua kali, yakni pada Sukra Kliwon Pujut, Jumat (1/9) dari Kecamatan Kubu, Abang, Karangasem dan Manggis. Nganyarin pada Saniscara Umanis Pujut, Sabtu (2/9), dari Kecamatan Rendang, Selat, Sidemen dan Bebandem.

Upacara nyineb Ida Bhatara pada Soma Pon Pahang, Senin (4/9). "Kami telah matur piuning (pemberitahuan) ke griya, untuk seluruh sulinggih yang akan muput upacara," tambah Arnawa.

Berkaitan jelang piodalan, selain menetapkan SK Panitia sebagai pelaksana upacara juga telah ditetapkan SK Pengurus Pura Jagatnatha Karangasem masa bhakti 2023-2027, melalui Keputusan Bupati Karangasem Nomor 84/HK/2023, per 9 Februari 2023, dengan Ketua I Putu Arnawa, Wakil Ketua I Wayan Astika, Sekretaris I Wayan Witrawan, Wakil Sekretaris I Wayan Mahardika, Bendahara I Putu Gede Mahendra Giri, Wakil Bendahara I Gede Jaya Widuddha Prathama dan anggota.7k16

Komentar