nusabali

Dr Rustini Enggan Maju Lagi

29 Maret, Lokasabha PHDI Karangasem

  • www.nusabali.com-dr-rustini-enggan-maju-lagi

AMLAPURA, NusaBali - Lokasabha PHDI Karangasem akan digelar pada Sukra Kliwon Pujut, Jumat (29/3). Ketua PHDI Karangasem Dr Ni Nengah Rustini mengaku enggan mencalonkan diri kembali.

"Rasanya, saya tidak lagi mencalonkan diri sebagai Ketua PHDI Karangasem, saya memberikan kesempatan kepada tokoh lain," jelas Dr Rustini, di Sekretariat PHDI Karangasem Lingkungan Belong, Kelurahan/Kecamatan Karangasem, Jumat (15/3).
 
Selama ini, katanya, PHDI kesulitan mencari sekretariat. Sempat berjuang ke pemerintah, namun tidak dapat respons. Akhirnya ruko milik dirinya dijadikan sekretariat agar memiliki tempat untuk beraktivitas. Selama 5 tahun kepemimpinannya, dia sendiri membiayai operasional, dan mengusahakan sekretariat itu.

Sedangkan kegiatan diksa pariksa calon pendeta memilih tempat di lokasi calon diksita. "Walau tanpa biaya operasional, dan tanpa ada dukungan sekretariat, pelayanan umat tetap berjalan optimal," tambahnya.

Mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Karangasem itu, bersyukur belakangan ada bantuan biaya operasional dari Kantor Kementerian Agama Karangasem, sehingga lebih optimal menggelar konsolidasi dalam kaitan membina umat sedharma di delapan kecamatan se-Karangasem.

Saat didesak calon-calon Ketua PHDI Karangasem yang berminat, Dr Rustini bilang belum ada yang muncul. "Lihat situasi di Lokasabha PHDI nanti, kalau pada akhirnya, tidak ada yang berminat menjadi Ketua PHDI, ya, bisa saja saya kembali mencalonkan diri," tambah Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragam) Karangasem, ini.

Ketua Panitia Lokasabha PHDI I Made Puri Suastika, juga mengakui belum ada bakal calon yang muncul jelang Lokasabha PHDI Karangasem. "Nanti kan di Lokasabha PHDI, Ketua PHDI menyampaikan pertanggungjawaban dulu, selanjutnya kepengurusan dinyatakan demisioner. Kemudian, PHDI Kecamatan menanggapi, sekaligus mengajukan bakal calon Ketua PHDI," katanya.

Hanya saja menurut Ketua Panitia I Made Puri Suastika, mengenai tempat Lokasabha PHDI, belum jelas. "Nanti, kami dari pihak Panitia Lokasabha PHDI Karangasem mau audiensi ke Bupati Karangasem, mudah-mudahan dapat bantuan tempat lokasabha," harapnya.

Bertindak sebagai Sekretaris Panitia Lokasabha PHDI, Dr I Gusti Ngurah Ananjaya dan Bendahara Jro Mangku Wardana.

Di bagian lain I Gusti Ngurah Ananjaya yang juga  Sekretaris PHDI Karangasem juga mengatakan panitia tengah mengupayakan tempat Lokasabha PHDI yang strategis.7k16

Komentar