nusabali

Dampak Libur, Stok Darah Terbatas

  • www.nusabali.com-dampak-libur-stok-darah-terbatas

Jika pasien perlu 3 kantong, kami berikan satu kantong. Sisanya kami panggil keluarga pasien untuk ikut menyumbangkan darah. (dr Nyoman Gede Sumardika).

TABANAN, NusaBali
Libur panjang serangkaian perayaan Hari Raya Idul Fitri berdampak pada stok darah di UDD PMI Tabanan. Stok seluruh jenis darah baik A, B, AB, hingga O jadi terbatas. Saat ini hanya tersedia 40 kantong tiap jenisnya. 

Kepala UDD PMI Kabupaten Tabanan dr Nyoman Gede Sumardika menegaskan saat ini stok darah memang terbatas. Penyebabnya karena banyak ada hari libur terutama saat libur Ramadhan lalu. "Masing-masing jenis kini tok darah hanya 40 kantong saja," ujarnya Minggu (12/5). 

Disebutkan, stok darah mulai terbatas sejak sebulan lalu. Biasanya sebelum itu stok darah setiap jenisnya ada sampai 100 kantong. Imbasnya memang karena bulan Ramadhan yang banyak hari libur.

"Namun kami masih bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang memerlukan. Misalnya, jika pasien perlu 3 kantong, kami berikan satu kantong. Sisanya kami panggil keluarga pasien untuk ikut menyumbangkan darah. Begitu sistem kami pakai. Sehingga kebutuhan masyarakat tetap bisa dipenuhi," beber dr Sumardika. 

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan stok darah, pihaknya selalu bekerja sama dengan masyarakat lain yang ingin menyumbangkan darah. "Kami sampai ke Denpasar mencari darah sesuai dengan keberadaan pondonor," katanya. 

Untuk itu, dia mengimbau kepada masyarakat yang ingin berdonorkan darahnya agar langsung datang ke Kantor PMI Tabanan. Mulai dari pukul 07.00 Wita - 18.00 Wita. "Lebih baik datang pagi supaya lebih banyak ada petugas," pesannya.7des

Komentar