nusabali

Hanura Karangasem Tergembosi, Incumbent Pindah Nyaleg ke PDIP

  • www.nusabali.com-hanura-karangasem-tergembosi-incumbent-pindah-nyaleg-ke-pdip

AMLAPURA, NusaBali - Ketua DPC Hanura Karangasem I Wayan Budi mengakui salah seorang incumbent atas nama Ni Putu Sriani, pindah nyaleg ke PDIP.

Padahal Sriani telah terdaftar di daftar calon sementara (DCS) Partai Hanura di Daerah Pemilihan Karangasem IV meliputi wilayah Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang, dan Kecamatan Sidemen. Akibat hengkangnya Sriani, Hanura kini tidak memiliki caleg di Dapil Karangasem IV.

“Ya, Ni Putu Sriani memang pindah ke PDIP, sehingga di Dapil Karangasem IV tanpa caleg dari Hanura. Meski demikian Hanura tetap berusaha all out, untuk mempertahankan tiga kursi,” kata Wayan Budi kepada NusaBali di Amlapura, Minggu (20/8).

Praktis Hanura hanya mengeluarkan caleg di Dapil Karangasem I (Kecamatan Karangasem) sebanyak 7 caleg dari  9 jatah kursi DPRD dan Dapil Karangasem VI Kecamatan Abang hanya menyodorkan 4 caleg dari 7 jatah kursi DPRD Karangasem, sehingga total hanya memiliki 11 caleg.

Sedangkan Dapil Karangasem II, Karangasem III, Karangasem IV, dan Karangasem V, nihil caleg, dari 45 jatah kursi di DPRD Kabupaten Karangasem.

Bukan saja di Dapil Karangasem IV kekuatan Hanura tergembosi, namun juga di Dapil Karangasem I. Sebab, di Pemilu Legislatif 2019 sebelumnya ada caleg I Ketut Sulandra, yang mendulang cukup banyak suara sehingga mampu meloloskan satu kursi atas nama I Wayan Budi. Kali ini yang bersangkutan pindah ke Demokrat. Praktis, I Wayan Budi harus kerja keras untuk mempertahankan kursi di Dapil Karangasem I.

“Boleh dikatakan demikian, tetapi ini namanya politik, sah-sah saja berspekulasi, terpenting kami tetap berjuang optimal, tetap berusaha mempertahankan tiga kursi,” tambah Wayan Budi.

Ni Putu Sriani, politisi dari  Desa Besakih, Kecamatan Rendang, sebelumnya merupakan satu-satunya andalan Hanura di Dapil Karangasem IV, sebagai calon tunggal, untuk merebut kursi di periode ketiga. Sriani memenangkan kursi DPRD Karangasem di Pemilu Legislatif 2014, dengan 2.194 suara dan di Pemilu Legislatif 2019 dengan 2.701 suara.

Kali ini Ni Putu Sriani muncul sebagai caleg PDIP Dapil Karangasem IV dengan nomor urut 9.

Hasil Pemilu Legislatif 2019, Hanura memiliki tiga anggota DPRD, satu lagi atas nama I Komang Dwi Purwa Adi Susila. Dia kembali sebagai caleg dari Dapil Karangasem VI nomor urut 1.

Di beberapa kali kesempatan, Sriani dikonfirmasi mengenai kepindahan dirinya ke PDIP, enggan memberikan tanggapan. “Nggak-nggak, jangan tanya saya,” ucapnya.

Di bagian lain, Ketua DPC PDIP Karangasem I Gede Dana mengakui, anggota DPRD Karangasem dari Hanura Ni Putu Sriani pindah ke PDIP di Dapil Karangasem IV. “Ya, memang pindah ke PDIP, dan telah menjadi caleg di PDIP,” ujar Gede Dana. 7 k16

Komentar