nusabali

Kebun Jambu Mete Seluas 2 Hektar Ludes Terbakar

  • www.nusabali.com-kebun-jambu-mete-seluas-2-hektar-ludes-terbakar

AMLAPURA, NusaBali - Kebun milik I Gede Pasek dan Made Suarti yang berisi pohon mangga, jambu mete, dan pohon jati seluas 2 hektar di Kawasan Banjar/Desa Dukuh, Kecamatan Kubu, Karangasem, terbakar, Sabtu (19/8) pukul 13.00 Wita.

Perbekel Dukuh, I Gede Suarsana yang pertama melaporkan kebakaran lahan itu kepada petugas pemadam kebakaran di Pos Pemadam Kebakaran Karangasem. Petugas jaga I Kadek Artika yang menerima laporan, langsung bergerak ke lokasi kejadian dengan membawa 10.000 liter air, melibatkan 12 personil.


Perbekel Dukuh, Suarsana menyebutkan, kebakaran diduga akibat ada warga yang bakar-bakaran sampah di sekitar kebun. “Perkiraan penyebab kebakaran karena sebelumnya ada warga bakar-bakar sampah, kemudian menjalar ke lahan kebun, yang mungkin akibat tiupan angin,” kata Perbekel Suarsana.


Suarsana menyebutkan beruntung petugas pemadam kebakaran cepat melakukan penanganan. Sebab, kebakaran itu terjadi di dekat Pura Dalem, Desa Dukuh. “Sehingga Pura Dalem terselamatkan, apalagi di pura itu banyak palinggih yang rentan kebakaran,” tegas Suarsana.

Sementara petugas, Kadek Artika yang memimpin penanganan kebakaran, langsung melakukan sodetan, agar api tidak merembet ke areal Pura Dalem. Seluruh semak-semak di kebun itu ludes terbakar, juga beberapa tanaman keras seperti jambu mete, mangga dan pohon jati. Belum bisa dipastikan kerugian yang dialami pemilik lahan atas peristiwa tersebut. k16

Komentar