nusabali

Hutan Bukit Abang Kintamani Terbakar

  • www.nusabali.com-hutan-bukit-abang-kintamani-terbakar

Warga sekitar mencoba padamkan api. Namun, angin sangat kencang hingga lidah api sangat cepat menjulur ke semak-semak kering.

BANGLI, NusaBali
Kebakaran lahan terjadi di kawasan hutan Bukit Abang, Banjar Dukuh, Desa Abang Batudinding, Kecamatan Kintamani, Bangli, Selasa (7/11) sore. Upaya pemadaman dilakukan petugas gabungan bersama masyarakat. Rabu (8/11), masih tampak kepulan asap dari lahan tersebut.


Kapolsek Kintamani Kompol Ruli Agus Susanto mengatakan kobaran api pertama kali dilihat oleh warga, I Made Diksa yang rumahnya berada di sebelah timur titik kebakaran. Warga sekitar mencoba padamkan api. Namun, angin sangat kencang hingga lidah api sangat cepat menjulur ke semak-semak kering. "Kami menerjunkan personel untuk pemadaman api. Pemadaman ini didukung dua unit armada Damkar," ungkapnya Rabu (8/11).

Menurut Kompol Ruli, petugas bersama masyarakat tetap  memantau di lapangan karena masih berpotensi terjadi kebakaran. Selain itu, ada titik api yang tidak dapat dijangkau. Dugaan awal, penyebab kebakaran karena gesekan ranting kering ditambah kencangnya angin. Api dengan cepat membesar dan merambat membakar pepohonan serta semak belukar kering di kawasan Bukit Abang.


Sampai Rabu siang kemarin, masih terlihat ada kepulan asap di kawasan Bukit Abang. "Sampai saat ini terpantau di pertengahan Bukit Abang terdapat dua titik api dan kepulan asap yang muncul. Maski pun api yang muncul pada saat ini tidak terlalu besar namun tidak menutup kemungkinan api bisa membesar dan meluas ke bawah ke pemukiman warga mengingat cuaca yang cukup panas dan angin kencang," sebutnya.7esa

Komentar