nusabali

Jaringan Kabel Bermasalah, LPJU Kerap Mati

  • www.nusabali.com-jaringan-kabel-bermasalah-lpju-kerap-mati

MANGUPURA, NusaBali - Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di beberapa di wilayah Kecamatan Kuta Selatan mati pada Senin (29/1) malam. Salah satunya di Bypass Ngurah Rai. Pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Badung mengklaim LPJU kerap mati karena ada masalah pada jaringan kabel tanam.

Kadishub Badung AA Ngurah Rai Yuda Darma mengakui jika masalah tersebut sudah ditangani berkali-kali sesuai dengan laporan yang diterima. Menurutnya, akar permasalahan terletak pada jaringan kabel tanam yang bermasalah. “Sudah ditangani berkali-kali sesuai dengan laporan, itu jaringan kabel tanamnya yang bermasalah,” ujarnya, saat dikonfirmasi pada Selasa (30/1) siang.

Yuda Darma menjelaskan beberapa titik LPJU yang mati telah ditangani. Salah satunya di Bypass Ngurah Rai Tuban, di mana LPJU mati total akibat lemahnya MCB (Miniature Circuit Breaker). Namun, lampu tersebut sudah kembali menyala setelah diperbaiki. Selain itu, pemadaman juga terjadi di Jalan Sunset Road depan Havaianas, disebabkan kerusakan pada kabel jaringan, namun telah ditangani.

Kondisi tak jauh berbeda di Bypass Simpang Benoa Square, di mana LPJU mati total akibat kWh meter yang mati, tetapi sudah berhasil dihidupkan kembali. Begitu juga di Bypass Kedonganan, di mana LPJU mati total karena MCB dan kWh meter yang mati, namun kini sudah berhasil diperbaiki. Di Jalan Raya Tuban, patung Kuda ke arah Timur, pemadaman LPJU juga terjadi akibat MCB dan kWh meter yang mati, tetapi sudah diatasi dan tegangan sudah kembali normal.

“Itu beberapa dokumen dari penangan tim kami untuk mengecek gangguan di lapangan,” beber Yuda Darma.

Selain dari masalah usia jaringan, Yuda Darma juga menyebutkan gangguan dari binatang melata, seperti semut dan tikus tanah, turut berperan atas matinya LPJU. Oleh karena itu, pada 2024 ini pihak Dishub Badung akan melakukan evaluasi dan perbaikan pada jaringan kabel tanam yang bermasalah agar tidak terjadi pemadaman lagi.

“Kami akan melakukan evaluasi dan diperbaiki jaringan kabel tanam yang bermasalah. Hal ini dilakukan agar tim kami tidak bolak balik memperbaiki lampu,” katanya. 7 ol3

Komentar