nusabali

Terjadi di Tiga Lokasi, Karhutla Kepung Kintamani

  • www.nusabali.com-terjadi-di-tiga-lokasi-karhutla-kepung-kintamani

BANGLI, NusaBali - Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di wilayah Kecamatan Kintamani, Bangli pada, Senin (30/10).

Kebakaran meliputi lahan di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Batur Bukit Payang, kebakaran lereng Gunung Abang serta kebakaran di tempat pembuangan sampah di Banjar Karuna Gunung Sari, Desa Batur Utara, Kintamani.

Kapolsek Kintamani, Kompol Ruli Agus Susanto menyampaikan terkait kebakaran di lereng Gunung Abang awalnya diketahui pada Minggu (29/10). Titik api pertama kali muncul dari balik Bukit Karangasem, tepatnya wilayah Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem. Guna mengantisipasi meluasnya kebakaran yang merembet ke wilayah Kintamani, Bhabinkamtibmas Desa Terunyan telah berkoordinasi dengan sejumlah Kadus di desa tersebut, agar waspada jika api sudah masuk wilayah Kintamani. Hanya saja api belum padam hingga hari berikutnya, yakni Senin kemarin.

Foto: Upaya pemadaman kebakaran lahan di kawasan Blok Seked TWA Gunung Batur Bukit Payang, Kintamani, Senin (30/10). -IST

"Sekitar pukul 17.30 Wita, api merembet ke Lereng Gunung Abang, Kintamani. Posisi api berada di tebing lereng sebelah barat, tepatnya di atas Banjar Cemara Landung, Desa Terunyan dan Banjar Dukuh, Desa Abang Batudinding," jelas Kompol Ruli. Lantaran, lokasi kebakaran berada pada lereng terjal dan sulit dijangkau ditambah kurangnya penerangan, sehingga upaya pemadaman belum bisa dilaksanakan.

Kemudian tim gabungan yang terdiri dari Polsek Kintamani, Koramil Kintamani, dan BKSDA Bali Timur memantau dari bawah. Selain di Bukit Abang, Kapolsek Kompol Ruli mengatakan musibah kebakaran di wilayah Kecamatan Kintamani juga terjadi di dua titik lainnya. Meliputi kebakaran hutan di kawasan Blok Seked Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Batur Bukit Payang dan kebakaran tempat sampah di Banjar Karuna Gunung Sari, Desa Batur Utara.

Kebakaran hutan di kawasan Blok Seked Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Batur Bukit Payang diketahui, Senin kemarin sekitar pukul 12.00 Wita. Titik api pertama kali diketahui dari semak-semak oleh warga sekitar. "Karena kondisi vegetasi yang kering disertai angin kencang, mengakibatkan api meluas dengan cepat dan merembet sampai ke lahan warga di bawah Alam Caldera Camp dan Resto. Kami bersama tim gabungan berupaya melakukan pemadaman dibantu petugas Damkar Bangli. Akibat kejadian ini total lahan seluas 10 hektare terbakar," kata Kompol Ruli.

Berikutnya, kebakaran tumpukan sampah di Banjar Karuna Gunung Sari, Desa Batur Utara. "Pemadaman sudah dilakukan namun sampai saat ini kumpulan asap dari bawah serta api kecil masih menyala mengingat kendala air dari Damkar Bangli," imbuhnya. 7 esa

Komentar